Polandia peringati ulang tahun ke-80 dimulainya PD II

Polandia peringati ulang tahun ke-80 dimulainya PD II

Presiden Polandia Andrzej Duda membunyikan bel saat upacara peringatan 80 tahun pecahnya Perang Dunia II di Warsawa, Polandia, Minggu (1/9/2019). ANTARA FOTO/Slawomir Kaminski/Agencja Gazeta via REUTERS/djo/foc

Warsawa/Gdansk, Polandia (ANTARA) - Kanselir Jerman dan Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence bersama para pemimpin setempat pada Ahad memperingati hari ulang tahun ke-80 dimulainya Perang Dunia II di Polandia.

Perang itu menyebabkan banyak tempat di Polandia hancur dan merenggut jutaan korban jiwa. Seperlima penduduk Polandia meninggal termasuk sebagian besar dari tiga juta orang Yahudi, yang menjadi warga negaranya.

Setelah perang itu, Ibu Kota Polandia, Warsawa, yang hancur, harus bangkit lagi dari reruntuhan dan Polandia masih di bawah dominasi Soviet hingga 1989.

Upacara-upacara untuk memperingati dimulai pukul 4.30 waktu setempat di kota kecil Wielun, salah satu dari pengeboman pertama dalam perang itu pada 1 Septemebr 1939. Presiden Polandia Andrzej Duda dan rekan sejawatnya dari Jerman Frank-Walter Steinmeier memberikan sambutan dalam upacara itu.

Acara serupa yang dihadiri Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki dan Wakil Ketua Komisi Eropa Frans Timmermans diadakan di Kota Pesisir Gdansk, lokasi tempat pertempuran pertama pecah dalam perang itu.

Morawiecki berbicara tentang kerugian-kerugian material yang besar, spiritual, ekonomi dan finansial yang dialami Polandia akibat perang.

"Kami perlu berbicara mengenai kerugian-kerugian itu, kami perlu mengingat, kami prlu menunutut kebenaran dan menuntut kompensasi," kata Morawiecki.
,
Sumber: Reuters

Baca juga: Keluarga korban peringati tragedi Perang Dunia II di Muntok

Baca juga: Putin bersama Obama dan Merkel di peringatan PD II

 

Penerjemah: Mohamad Anthoni
Editor: Chaidar Abdullah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Egy Maulana gabung klub sepakbola Polandia

Komentar