Jakarta (ANTARA) - Dua gol yang dibukukan Richarlison berhasil memenangkan Everton dengan skor 3-2 sekaligus memperpanjang awal musim buruk Wolverhampton yang empat pekan pertama Liga Inggris tak kunjung meraih kemenangan.

Tampil di Goodison Park, Minggu, Richarlison membuka dan menutup gol-gol di laga tersebut yang diselingi rekannya Alex Iwobi sedangkan Wolverhampton hanya bisa membalas lewat Romain Saiss dan Raul Jimenez, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Hasil itu membuat Everton naik ke peringkat keenam klasemen dengan koleksi tujuh poin, sedangkan Wolverhampton (3) kian terpuruk ke urutan ke-17.

Pelatih Wolverhampton Nuno Espirito Santo mendapat kesempatan untuk mengevaluasi awal musim buruk selama hampir dua pekan ke depan di tengah jeda internasional, terlebih mereka harus bersiap juga mengikuti fase penyisihan grup Liga Europa setelah hampir empat dasawarsa absen dari kompetisi antarklub Eropa.

Baca juga: Wolverhampton depak Torino, tuntaskan dahaga Eropa empat dasawarsa

Baru lima menit pertandingan berlangsung, buruknya pertahanan Wolverhampton berhasil dimanfaatkan oleh Everton untuk membuka keunggulan.

Moise Kean berhasil memotong bola menyusul miskomunikasi antara kapten Conor Coady dengan kiper Rui Patricio, yang kemudian disambar lewat tendangan sentuhan pertama Richarlison.

Namun keunggulan hanya bertahan sejenak, tim tamu berhasil menyamakan kedudukan pada menit kesembilan lewat gol Saiss yang cermat menyambar bola umpan silang Adama Traore yang membentur kiper Jordan Pickford dan Seamus Coleman.

Everton kembali memimpin tiga menit kemudian lewat gol perdana Iwobi untuk tim Merseyside Biru itu sejak didatangkan dari Arsenal, kala ia menanduk umpan silang nan matang kiriman Gylfi Sigurdsson.

Wolverhampton hampir kembali membalas, namun kali ini tembakan sudut sempit Patrick Cutrone berhasil dihalau oleh Pickford.

Baca juga: Liverpool menang mudah di markas Burnley

Keunggulan Everton bertahan hingga turun minum dan nafsu Wolverhampton untuk menyamakan kedudukan baru terpuaskan pada menit ke-75 ketika Jimenez berdiri tanpa kawalan di area tiang jauh untuk menanduk umpan sundulan Willy Boly.

Namun Everton lagi-lagi merestorasi keunggulan hanya lima menit setelahnya. Richarlison dengan cerdik melepaskan diri dari kawalan untuk menyambut umpan silang Digne pada menit ke-80.

Dua menit kemudian, Richarlison hampir menggenapi raihan trigol namun tembakannya dihalau Patricio dan kiper asal Portugal itu juga melakukan penyelamatan gemilang atas tandukan Yerry Mina tak lama berselang.

Kegagalan Wolverhampton menyamakan kedudukan kian diperburuk atas kartu kuning kedua yang diterima Boly pada masa injury time dan Everton memastikan tiga poin dari kemenangan 3-2.

Baca juga: Chelsea ditahan imbang Sheffield akibat gol bunuh diri Zouma

Baca juga: Aguero dua gol, Man City menang telak 4-0 atas Brighton

Baca juga:
Daniel James cetak gol cantik, tapi MU ditahan imbang Southampton

Susunan pemain:

Everton (4-2-3-1): Jordan Pickford; Seamus Coleman, Michael Keane, Yerry Mina, Lucas Digne; Andre Gomes, Fabian Delph; Richarlison, Gylfi Sigurdsson, Alex Iwobi (Bernard); Moise Kean (Dominic Calvert-Lewin)
Pelatih: Marco Silva

Wolverhampton (3-5-2): Rui Patricio; Ryan Bennett, Conor Coady, Willy Boly, Adama Traore, Leander Dendoncker, Ruben Neves (Pedro Neto), Romain Saiss (Joao Moutinho), Ruben Vinagre; Raul Jimenez, Patrick Cutrone (Diogo Jota)
Pelatih: Nuno Espirito Santo

Penerjemah: Gilang Galiartha
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2019