counter

Liga Belanda

Feyenoord dan PSV menang, AZ terjengkang

Feyenoord dan PSV menang, AZ terjengkang

Penyerang PSV Eindhoven Kostas Mitroglou (kanan) dipeluk rekannya Bruma saat merayakan gol ke gawang RCK Waalwijk dalam lanjutan Liga Belanda di Stadion Mandemakers, Waalwijk, Belanda, Minggu (1/9/2019) setempat. (ANTARA/Twitter/PSV)

Jakarta (ANTARA) - Dua dari tiga tim wakil Belanda di putaran final Liga Europa musim ini, Feyenoord dan PSV Eindhoven berhasil membukukan kemenangan dalam laga pekan kelima Liga Belanda, sementara satu lainnya AZ Alkmaar malah terjengkang di markas Vitesse Arnhem.

Feyenoord yang mengunjungi kandang Willem II di Stadion Koning, Tilburg, Minggu, berhasil mengalahkan tuan rumah 1-0 berkat gol yang dicetak Steven Berghuis, demikian catatan laman resmi Liga Belanda.

Gol itu lahir pada menit ke-74 lewat titik putih, menyusul pelanggaran Justin Ogenia terhadap Luis Sinister, dan Berghuis sukses menyarangkan bola ke dalam gawang untuk menentukan kemenangan Feyenoord.

Sayangnya, kemenangan Feyenoord tak bisa diikuti oleh AZ yang terjengkang saat bertandang ke markas Vitesse dalam waktu bersamaan.

Baca juga: AZ Alkmaar lengkapi Trio Belanda melenggang ke fase grup Liga Europa

Tampil di hadapan publik GelreDome, AZ unggul lebih dulu lewat eksekusi penalti Teun Koopmeiners pada menit ke-33 sebelum Tim Matavz membuat kedudukan babak pertama berakhir imbang.

AZ berusaha keras memenangi laga, yang 60 persen pengendalian bolanya mereka kuasai, malah harus membayar mahal kesalahan Zakaria Aboukhal melakukan pelanggaran handball di dalam kotak penalti pada masa injury time.

Kesempatan itu sukses dimanfaatkan dengan baik oleh Matus Bero untuk memastikan kemenangan 2-1 bagi Vitesse atas AZ.

PSV yang memainkan laga pamungkas pekan kelima di Stadion Mandemakers, Minggu setempat (Senin WIB), berhasil membalikkan ketertinggalan untuk mempermalukan tuan rumah RKC Waalwijk dengan skor 3-1.

RKC sebetulnya sempat unggul lebih dulu lewat Melle Meuelnsteen dua menit jelang turun minum, namun rekannya Paul Quasten mencetak gol bunuh diri yang mengubur keunggulan tersebut pada menit ke-65.

PSV lantas memastikan kemenangan lewat dua gol beruntun dari Timo Baumgartl dan Kostas Mitroglou yang dicetak dalam kurun waktu tiga menit, tepatnya pada menit ke-76 dan 78.

Baca juga: Ajax paksa tim promosi Sparta Rotterdam derita kekalahan perdana

Hasil-hasil pertandingan tersebut membuat Vitesse melejit ke puncak klasemen dengan koleksi 11 poin, diikuti PSV (10) yang naik ke urutan ketiga.

Sedangkan Feyenoord (6) meski menang masih berada di peringkat kesembilan, dua strip di bawah AZ (7).

Baca juga: PEC Zwolle akhirnya petik kemenangan perdana, jungkalkan Emmen 3-1
 

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar