Palembang (ANTARA) - Sebanyak tiga kelompok terbang jamaah haji asal Sumatera Selatan saat ini masih berada di Arab Saudi yakni kloter 17, 18 dan dan 19.

Kasubag Humas Kanwil Kementerian Agama Sumatera Selatan, Saefudin Latief di Palembang, Senin mengatakan, setelah kepulangan jamaah haji kloter 16,  maka ada tiga kelompok terbang lagi yang belum diberangkatkan.

Jamaah haji asal Sumsel diberangkatkan menuju Tanah Air secara bertahap hingga 4 September 2019.
Baca juga: 6.718 jamaah haji Sumsel sudah berada di Indonesia
 
Jamaah yang masih berada di Arab Saudi semuanya ada di Madinah karena mereka tergabung dalam penerbangan gelombang kedua.

"Mudah-mudahan pemulangannya tidak ada kendala dan sama dengan kloter sebelumnya yang berjalan lancar," ujarnya.

Sementara untuk kepulangan jamaah Kloter 16 yang tiba di Palembang semalam berjumlah 448 orang dan semuanya dalam kondisi sehat.

Jadi setelah kepulangan Kloter 16 itu maka total jamaah haji Embarkasi Palembang yang sudah berada di Sumsel tercatat 7.166 orang termasuk 80 petugas Kloter.
Baca juga: Kemenag Sumsel terus cari jamaah haji hilang

Sebelumnya Kakanwil Kemenag Sumsel HM. Alfajri Zabidi selaku Ketua PPIH Debarkasi Palembang menjelaskan, pihaknya tahun ini memberangkatkan 8.509 jamaah baik dari Sumsel dan Bangka Belitung.

Namun, lanjut dia, hingga sekarang ada enam jamah yang tertunda pulang ke kampung halaman karena masih dirawat di rumah sakit di Arab Saudi.

Mudah -mudahan jamaah yang sakit itu cepat sembuh sehingga bisa pulang bersama Kloter berikutnya.

Namun bila mereka masih dalam perawatan di Arab Saudi setelah usai pemulangan maka biaya masih tetap ditanggung pemerintah.

Dalam kesempatan itu Kakanwil Kemenag berharap pemulangan yang dilaksanakan berjalan lancar dan semua jamaah menjadi haji mabrur.
Baca juga: Delapan haji Sumsel meninggal di Arab Saudi
 

Pewarta: Ujang Idrus
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019