Info Haji

Seorang haji asal Labuhan Batu tutup usia di Mekkah

Seorang  haji asal Labuhan Batu tutup usia di Mekkah

Rombongan haji Kelompok Terbang 10 Debarkasi Medan, Provinsi Sumatera Utara, tiba di Bandara Udara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Senin (2/9). (Antara Sumut/Foto Istimewa)

Medan (ANTARA) - Seorang haji atas nama Kostan Soleh Harahap Bin Jatunggul Harahap (66) asal Kabupaten Labuhan Batu yang tergabung pada Kelompok Terbang 10 Debarkasi Medan, Provinsi Sumatera Utara, tutup usia di Tanah Suci Mekkah.

Kepala Bidang Penerimaan dan Pemberangkatan Haji (PPIH) Embarkasi Medan, H Farhan Indra, Senin mengatakan haji tersebut meninggal dunia di tanah suci dan telah dimakamkan.

Menurut dia, haji yang beralamat Dusun Kampung Sipirok, Billah Hilir, Kabupaten Labuhan Batu meninggal dunia di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) tanggal 19 Agustus 2019 sekitar pukul 13.52 WAS.

Baca juga: Ketua PPIH: Seorang lagi calon haji Sumut meninggal di Madinah

Sementara itu, sebanyak 389 orang haji yang tergabung pada kloter 10 Debarkasi Medan tiba di Asrama Haji Medan, Senin, (2/9) pagi hari sekitar pukul 04.00 WIB.

Dari jumlah 389 orang haji kloter 10 Debarkasi Medan itu terdiri atas 157 pria dan 232 wanita. Dari jumlah jamaah haji tersebut, yakni 377 orang dari Kabupaten Labuhan Batu, 2 orang dari Kota Medan, 2 orang dari Kabupaten Tapanuli Selatan, 8 orang petugas TPHD/TKHD dan TPHI.

Jumlah jamaah haji Sumut yang berangkat ke Tanah Suci pada musim haji 2019 tercatat sebanyak 8.641 orang dengan 22 kloter Embarkasi 1 Medan. Namun yang berangkat ke Mekkah sebanyak 8.525 jamaah haji (98,60 persen).Tidak jadi berangkat 116 jamaah (1,34 persen) karena sakit, meninggal dunia sebelum masuk Asrama Haji Medan dan ditunda keberangkatan ke Mekkah.

Baca juga: Jamaah haji kloter 1 Debarkasi Medan diperkirakan tiba Jumat malam

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar