Makassar (ANTARA) - Kodam XIV/Hasanuddin mengirim 50 ton beras ke Papua melalui Kodam XVII/Cendrawasih untuk membantu logistik personil yang ditugaskan di lapangan.

"Hari ini ada 10 unit kendaraan truk yang mengangkut beras untuk dibawa ke Papua. Sebanyak lima truk berisi beras 5 ton hingga 10 ton beras, sedang lima truk lainnya masing-masing berisi 2,5 ton," kata Pangdam XIV/Hsn Mayjen TNI Surawahadi disela pelepasan bantuan logistik di Pelabuhan Makasar, Senin.

Ia mengatakan, dalam proses pengangkutan dengan menggunakan kapal milik TNI AL ini dipimpin oleh Letnan Suprapto bersama 10 orang kru yang mengawaki mobil truk berisi beras.

Menurut dia, saat ini hanya melakukan pengiriman bantuan logistik, namun apabila diminta untuk mengirimkan pasukan, pihaknya selalu siaga kapan saja.

"Kami hanya mengirim logistik berupa beras 50 ton, tidak ada pengiriman pasukan," katanya.

Baca juga: Makassar dukung program TMMD 2019

Pangdam berharap, pengiriman bantuan logistik ini berjalan lancar dan sampai ke tujuan dengan selamat di Kodam XVII/Cendrawasih. Dengan bantuan logistik itu pula diharapkan dapat membantu pergeseran personil dan materil.

Sebelumnya, personil Kodam XIV/Hsn diturunkan ke Papua untuk membantu pengerjaan infrastruktur di lokasi itu. Pengerjaan proyek infrastruktur itu diantaranya jalan, jembatan dan irigasi.

Pengerjaan infrastruktur tersebut bertujuan untuk mempermudah akses dan hubungan antara satu wilayah dengan wilayah lainnya di Papua.

Baca juga: Papua Terkini: Wiranto janji tarik pasukan dari Nduga bila kondusif

Baca juga: TNI siapkan pasukan cadangan pulihkan kamtibmas Kota Timika

 

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019