Jumlah wisman ke Batam tembus 1 juta kunjungan

Jumlah wisman ke Batam tembus 1 juta kunjungan

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam Ardiwinata. (ANTARA/Naim).

Batam (ANTARA) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Kepulauan Riau, mencatat jumlah wisatawan mancanegara yang mengunjungi Batam sepanjang Januari hingga Juli 2019 menembus angka 1 juta kunjungan, tepatnya 1.086.796 kunjungan.

"Jumlah kunjungan ini meningkat dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebanyak 1.044.307 kunjungan," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata di Batam, Senin.

Pada Juli 2019 ini saja, sebanyak 148.205 orang mengunjungi Batam, meningkat dibandingkan Juli tahun lalu, sebanyak 144.253 kunjungan.

Ia mengakui memang sempat terjadi penurunan kunjungan selama Juli 2019, dibandingkan bulan sebelumnya sebanyak 176.187 kunjungan. Hal itu karena Juli sudah bukan musim liburan (low season).

Ardi optimistis Batam dapat menyerap 2,4 juta kunjungan wisman hingga akhir tahun, sesuai dengan target pemerintah. "Bahkan lebih, karena berdasarkan kebiasaan, di akhir tahun meningkat," kata dia.

Ardi mengatakan dibandingkan tahun lalu, terjadi peningkatan kunjungan wisata rata-rata 10 persen setiap bulan.

Menurut dia, peningkatan kunjungan wisman karena Batam yang semakin indah dan nyaman untuk dikunjungi wisman. "Setiap bulan meningkat 10 persen dibandingkan bulan yang sama," kata dia.

Upaya pemerintah untuk membenahi infrastruktur terbukti efektif menarik wisman kembali mengunjungi Batam, bersamaan dengan meningkatnya promosi kegiatan dan peningkatan pelayanan.

Baca juga: Asita: 100.000 wisman kunjungi Batam pada akhir pekan tengah Agustus
Baca juga: Dispar optimistis 2,8 juta wisman kunjungi Kepri
Baca juga: Disbudpar pastikan setiap pekan ada atraksi di Batam
Baca juga: Batam bidik kunjungan wisman India

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Batam Great Sale targetkan kunjungan 255 ribu wisman

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar