counter

Dua hektare padang rumput di Agam terbakar

Dua hektare padang rumput di Agam terbakar

Petugas memadamkan api yang membakar padang rumput di Padang Tarok, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Senin (2/9/2019). (HO BPBD Agam)

​​​​​​​Lubukbasung,  (ANTARA) - Sekitar dua hektare padang rumput di Bukik Pambantaian, Jorong Bukik Apik, Nagari Padang Tarok, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, terbakar setelah warga sekitar membakar sampah di sekitar lahan pada Senin pukul 11.45 WIB.

Menurut Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam Wahyu Bestari di Lubukbasung, api dari pembakaran sampah itu dengan cepat menjalar ke padang rumput ilalang di lahan milik Nih Baruh (54).

"Api dengan mudah menjalar ke lokasi lain karena rumput kering," kata Wahyu.

Personel Satuan Tugas BPBD Agam, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Pemadam Kebakaran Agam, dan warga sekitar berhasil memadamkan kebakaran dan mencegah api menjalar ke permukiman warga.

"Tidak ada korban jiwa akibat kejadian itu," katanya.

Wahyu mengimbau warga tidak membakar rumput yang sudah kering di lahan perkebunan atau melakukan tindakan yang bisa menyebabkan kebakaran, seperti membuang puntung rokok sembarangan.

"Kalau ada rumput hasil pembersihan, tidak usah di bakar," katanya.

Baca juga: Enam kecamatan di Agam Timur rawan kebakaran lahan

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kabut asap tebal selimuti Kota Pekanbaru

Komentar