...kirimkan ke saya, nanti saya bantu memasarkan...
Batusangkar, (ANTARA) - Istri Wakil Presiden Republik Indonesia, Mufidah Jusuf Kalla menyatakan akan membantu memasarkan kerajinan hasil perajin tenun di sentra tenun Lintau Buo di Nagari Tigo Jangko, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

"Kalau mereka tidak bisa menjual tenun itu, kirimkan ke saya, nanti saya bantu memasarkan, banyak yang mau menjualkannya," kata Mufidah Jusuf Kalla di Batusangkar, Sumatera Barat, Senin.

Hal itu dikatakannya saat kunjungan dan melihat perkembangan industri tenun di sentra tenun Lintau Buo di Nagari Tigo Jangko Tanah Datar.

Ia berharap dengan didirikannya sebuah bangunan tempat belajar menenun bisa meningkatkan ekonomi masyarakat setempat dan Sumatera Barat.

"Masyarakat bisa hidup dari hasilnya sendiri dengan keterampilan yang dia miliki, sehingga bisa meringankan beban orang tua," katanya.

Pada kesempatan tersebut, Mufidah didampingi Ketua Dekranasda Provinsi Sumatera Barat Nevi Irwan Prayitno, Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma, Kadis Koperindag Tanah Datar Marwan. Selanjutnya tampak istri Wakil Bupati Retri Zuldafri Darma dan sejumlah tokoh masyarakat Lintau Buo, serta mantan bupati Tanah Datar Masriadi Martunus.

Sementara Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Tanah Datar Marwan, mengatakan sentra tenun dibangun sejak 2017 dengan kucuran dana dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sebesar Rp19,2 miliar.

Bangunan itu dilengkapi dengan asrama terdiri dari 35 kamar, tempat produksi tenun, dan beberapa bangunan pendukung lainnya. Ia mengaku masih menunggu proses hibah dari Kementerian PU PRuntuk diserahkan ke pemda setempat.

Pewarta: Syahrul Rahmat
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019