Komisi III minta Presiden segera kirim 10 nama capim KPK

Komisi III minta Presiden segera kirim 10 nama capim KPK

Ketua Pansel Capim KPK Yeti Garnasih (kanan) bersiap menyerahkan nama capim KPK kepada Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka Jakarta, Senin (2/9/2019). ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/aww.

Kami berharap Presiden segera menyerahkan 10 nama itu ke Komisi III DPR karena waktu untuk melakukan uji kelayakan sudah sangat mepet
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi III DPR RI Herman Hery meminta Presiden Joko Widodo segera mengirimkan 10 nama calon pimpinan KPK ke DPR karena waktu pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan sangat mepet.

"Kami berharap Presiden segera menyerahkan 10 nama itu ke Komisi III DPR karena waktu untuk melakukan uji kelayakan sudah sangat mepet," kata Herman Hery di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin.

Dia menilai langkah segera Presiden mengirimkan nama-nama capim ke DPR agar polemik yang terjadi selama ini tidak berlarut-larut.

Karena dia menilai proses yang dilakukan Panitia Seleksi (Pansel) Capim KPK sudah sesuai aturan dan cukup profesional.

"Ini prosesnya sudah berjalan, kalau kita mau menengok ke belakang sudah tanggung. Kalau mau lakukan protes, dilakukan dari awal, jangan setelah ada nama-nama, baru muncul pro dan kontra, saya rasa ini tidak profesional," ujarnya.

Dia mengatakan keinginannya agar uji kelayakan capim KPK itu hanya sebagai bentuk menjalankan fungsi dan tugas sesuai aturan UU.

Namun, dia mengaku optimistis proses uji kelayakan dilakukan pada masa DPR periode 2014-2019 dan dalam prosesnya akan mendengarkan masukan masyarakat

"Semua masukan dari semua pihak akan kami kaji dan akan kami pakai sebagai referensi dalam melakukan uji kelayakan. Namun perlu diingat, dalam Komisi III DPR ini terdiri dari sekian fraksi dan sekian puluh orang yang setiap orang bisa beda-beda," tegasnya.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kapolri sebut Ketua KPK terpilih tak perlu mundur dari Polri

Komentar