Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Kim Chang-beom start tur budaya “TeKo Nang Jawa” dari Jakarta, Senin.

Proyek diplomasi publik bertajuk “TeKo Nang Jawa” akan menghadirkan serangkaian acara kebudayaan Korea yang digelar di lima kota, yakni Jakarta, Cirebon, Brebes, Solo, dan Surabaya---untuk lebih mendekati masyarakat Indonesia.

“Selain untuk memperkenalkan kebudayaan Korea bagi masyarakat Jawa, saya juga ingin masyarakat Korea mengetahui lebih banyak tentang Indonesia, terlebih mereka kurang familier dengan kota-kota budaya di Jawa,” tutur Kim dalam wawancara dengan sejumlah media di Jakarta, Senin.

Baca juga: Dubes Korsel tempuh 1.000 kilometer lintasi Jawa promosikan budaya

Menurut Dubes Kim, kegiatan tur budaya yang ditempuh dengan perjalanan darat menggunakan bus dan singgah di beberapa kota di Jawa, pertama kalinya dilakukan oleh Kedutaan Besar Korea Selatan.

“Ini adalah kegiatan pertama yang dilakukan oleh kedubes asing di Indonesia,” tutur dia.

“TeKo Nang Jawa” memiliki arti istimewa karena masyarakat di Cirebon (3 September), Brebes (4 September), Solo (5 September), dan Surabaya (6-8 September) akan ikut serta dalam berbagai acara kebudayaan Korea di tempat tinggal mereka seperti yang sering dilakukan di Jakarta dan kota-kota sekitarnya.

Mulai dari masakan Korea hingga informasi pariwisata Negeri Ginseng akan mereka peroleh dari program ini.

Baca juga: Baju Korea "hanbok" jadi salah satu bintang "TeKo Nang Jawa"

Selain delegasi Kedubes Korea, seorang Youtuber asal Korea, Jang Hansol, akan berpartisipasi dalam kegiatan promosi budaya ini.

Hansol, yang fasih berbahasa Indonesia dan Jawa, akan merekam vlog selama mengikuti perjalanan darat ini untuk menarik lebih banyak perhatian masyarakat, terutama generasi milenial.

Bus yang akan ditumpangi Dubes Kim dan delegasinya akan ditempeli poster-poster yang mempromosikan KTT Peringatan ke-30 Tahun Hubungan Korea Selatan-ASEAN pada November mendatang, pariwisata Korea, serta makanan khas Korea.

Sejumlah K-food siap disajikan kepada masyarakat selama promosi budaya ini diantaranya tteokbokki (olahan beras 
dengan saus pedas manis), eomuk (semacam baso ikan Korea) dan lain-lain dalam food truck bekerjasama dengan asosiasi industri makanan Korea.

Baca juga: Dubes Kim: masyarakat Korea, Indonesia berbagi nilai yang sama
 

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Azizah Fitriyanti
Copyright © ANTARA 2019