perlindungan anak juga melibatkan kepolisian sehingga anak-anak merasa terjaga dalam kesehariannya
Jakarta (ANTARA) - Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) mengapresiasi kinerja polisi atas respon cepatnya dalam menangani kasus terkait anak dengan memberikan penghargaan antara lain kepada Polres Metro Jakarta Utara.

"Ini salah satu penilaian yang diberikan Komnas PA, semoga terus berlanjut, karena perlindungan anak juga melibatkan kepolisian sehingga anak-anak merasa terjaga dalam kesehariannya," kata Sekjen Komnas PA, Dhanang Sasongko, di Polres Metro Jakarta Utara, Selasa.

Baca juga: Kapolres Jakarta Utara terima penghargaan dari Komnas PA

Menurut Dhanang, respon cepat Polres Metro Jakarta Utara dalam menangani kasus terkait anak salah satunya kejadian bayi yang dibuang oleh ibunya di Penjagalan, Penjaringan, pada akhir Juli.

Selain itu, kasus lainnya seperti pemerkosaan yang dilakukan oleh ayah kandung kepada anak kandungnya di Pademangan, Jakarta Utara yang juga direspon cepat oleh Polres setempat.

Ia mengatakan, apresiasi diberikan karena rasa terimakasih warga yang disampaikan ke Komnas PA karena terbantu dengan respon cepat aparat kepolisian Jakarta Utara.

Dhanang menyebutkan setiap tahun ada penghargaan yang diberikan kepada institusi kepolisian yang punya kinerja, khususnya kepada respon cepat atas kasus anak.

"Polres ada sekitar 34 penghargaan yang sudah diberikan dan setiap tahun juga ada Komnas PA award yang digelar setiap November. Tahun ini Inshaa Allah, Kapolres Jakarta Utara juga diundang untuk mendapatkan penghargaan," kata Dhanang.

Dhanang mengatakan Komnas PA tengah fokus dalam upaya penanganan kasus terkait anak dan kasus kriminalitas pada anak sebagai korban atau anak sebagai pelaku marak terjadi umumnya di tempat-empat padat penduduk

"Itu memang menjadi fokus kita dan kita melihat banyak laporan dari masyarakat bahwa respon cepat yang dilakukan oleh polisi membantu sehingga keamanan dan ketertiban di masyarakat itu bisa berjalan," kata Dhanang.

Sementara itu, Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Pol Budhi Herdi Susianto mengatakan pihaknya tidak menyangka mendapat apresiasi dari Komnas PA.

Baca juga: Lingkungan sekolah harus bebas rokok, sebut Komnas PA

Karena menurut dia, apa yang dilakukan oleh pihaknya bagian dari tugas yang dijalankan secara ikhlas sebagai aparat penegak hukum.

"Apa yang sudah dilakukan ini ditingkatkan. Karena anak aset bangsa, kalau bukan kita yang bimbing dan lindungi siapa lagi. Anak adalah penerus yang akan melanjutkan estafet pembangunan ini nantinya," kata Budhi.

 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019