Piala Dunia FIBA

Lithuania lumat Kanada 92-69, lanjut ke babak kedua

Lithuania lumat Kanada 92-69, lanjut ke babak kedua

Dua pebasket tim nasional Lithuania Edgaras Ulanovas (kiri) dan Jonas Valanciunas (tengah) bahu membahu mengamankan bola rebound disaksikan pemain Kanada Cory Joseph (kanan) dalam lanjutan penyisihan Grup H Piala Dunia FIBA 2019 di Dongguan, China, Selasa (3/9/2019). (ANTARA/AFP/Ye Aung Thu)

Jakarta (ANTARA) - Lithuania sukses melumat Kanada 92-69 dalam lanjutan penyisihan Grup H Piala Dunia FIBA 2019 di Dongguan, China, Selasa, demi melanjutkan kiprah mereka ke babak kedua.

Hasil itu membuat Lithuania kini telah membukukan dua kemenangan dan menjamin satu tempat ke babak kedua bersama Australia yang juga punya rekor serupa, demikian catatan laman resmi FIBA.

Lithuania dan Australia akan bergabung di Grup L bersama dua wakil Grup G, salah satunya Republik Dominika yang telah memastikan melangkah.

Baca juga: Joe Ingles hampir triganda saat Australia lewati Senegal

Edgaras Ulanovas jadi pemimpin kemenangan Lithuani dengan catatan 15 poin dan enam rebound, disusul Jonas Valanciunas yang mengemas 13 poin dan delapan rebound, Matias Kalnietis 11 poin dan enam assist, Lukas Lekavicius 11 poin serta Domantas Sabonis 10 poin dan delapan rebound.

Sementara Kanada ditopang oleh Kyle Wiltjer yang memborong 24 poin dan hanya dibantu 15 poin milik Cory Joseph serta 12 poin Khem Birch.

Lithuania yang mencapai akurasi tembakan terbuka 51 persen tak satu kuarter pun mencetak kurang dari 22 poin, sedangkan akurasi 41 persen Kanada masih tak cukup mengimbangi lawannya.

Dua lemparan bebas Sabonis mengantarkan Lithuania unggul tegas 24-14 pada pengujung kuarter pertama.

Baca juga: Domantas Sabonis ingin ikuti jejak sarat prestasi sang ayah

Kanada yang berusaha keras mengejar ketertinggalan pada kuarter kedua tak mampu memangkas selisih 10 poin kendati paruh pertama ditutup dua lemparan bebas Phil Scrubb, namun skor masih tertinggal 36-46.

Sebuah hook shot dari Mindaugas Kuzminskas kian memperlebar keunggulan Lithuania menjadi 70-54 kala kuarter ketiga berakhir.

Sementara penampilan Kanada kian menurun di kuarter pamungkas dan hanya mendapatkan 15 poin, Lithuania sukses meraup 22 poin lagi untuk memastikan kemenangan 92-69, termasuk kala Kuzminskas menutup pertandingan dengan sebuah dunk menyelesaikan assist dari Rokas Giedratitis.

Lithuania dan Australia akan bertemu pada laga pemungkas, Kamis (5/9), untuk menentukan tim yang berstatus juara grup.

Baca juga: New Zealand, Ceko buka peluang lolos babak kedua

Baca juga: Rusia, Spanyol genapi enam tim pertama yang lolos ke babak kedua

Penerjemah: Gilang Galiartha
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar