counter

Haji kloter 11 Debarkasi Medan berkurang satu orang

Haji kloter 11 Debarkasi Medan berkurang satu orang

Rombongan haji kelompok terbang (Kloter) 11 Debarkasi Medan, tiba di Bandara Udara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Selasa (3/9) dan menunggu Bus yang membawa mereka ke Asrama Haji Medan. (ANTARA/Istimewa)

Medan (ANTARA) - Kepala Bidang Penerimaan dan Pemberangkatan Haji (PPIH) Embarkasi Medan, H Farhan Indra mengatakan haji kelompok terbang (Kloter) 11 Debarkasi Medan, Provinsi Sumatera Utara, berkurang satu orang karena meninggal dunia, saat berada di Tanah Air, Selasa.

Haji yang wafat itu atas nama Muhammad Mudakir bin Dullah Kana (96) warga Kecamatan Dolok Batu Nanggar, Kabupaten Simalungun, kata Farhan, di Asrama Haji Medan.

Menurut dia, haji tersebut mengalami sakit saat berada di dalam pesawat terbang dan setelah mendarat di Bandara Udara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, langsung dibawa ke Rumah Sakit (RS) Haji Medan untuk mendapatkan perawatan medis.

Namun, setelah berada di RS Haji Medan, Muhammad Mudakir menghembuskan nafasnya yang terakhir sekira pukul 01.10 WIB, ujar Farhan.

Ia menyebutkan, jumlah haji pada Kloter 11 Debarkasi Medan tercatat sebanyak 393 orang, namun setelah wafatnya satu orang maka yang tinggal 292 orang lagi.

Sebanyak 292 orang haji tersebut, telah kembali ke daerah masing-masing, katanya.
Sebelumnya, sebanyak 393 orang haji yang tergabung pada kloter 11 Debarkasi Medan tiba di Bandara Udara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Selasa (3/9) pagi hari sekitar pukul 00.24 WIB.

Dari jumlah 393 orang haji kloter 11 Debarkasi Medan itu terdiri atas 148 pria dan 245 wanita. Dari jumlah jamaah haji tersebut, yakni 162 orang dari Kabupaten Simalungun, 147 orang dari Kota Pematang Siantar, 69 orang dari Kota Medan, 1 orang dari Kota Binjai, 5 orang dari Kabupten Deli Serdang, dan 8 orang petugas TPHD/TKHD dan TPHI.
Pimpinan Kloter 11 Debarkasi Medan atas nama Yardi Tupar Ali Bin Tupar.

Dalam penyambutan rombongan haji tersebut, juga hadir Kepala Staf Urusan Haji Embarkasi Medan H.Iwan Zulhami, dan Wali kota Pematang Siantar H.Hefriansyah.
Jumlah jamaah haji Sumut yang berangkat ke Tanah Suci pada musim haji 2019 tercatat sebanyak 8.641 orang dengan 22 kloter Embarkasi 1 Medan.

Namun yang berangkat ke Mekkah sebanyak 8.525 jamaah haji (98,60 persen). Tidak jadi berangkat 116 jamaah (1,34 persen) karena sakit, meninggal dunia sebelum masuk Asrama Haji Medan dan ditunda keberangkatan ke Mekkah.

Baca juga: Seorang haji asal Kabupaten Simalungun meninggal di Medan
Baca juga: Dua haji Padang Sidempuan wafat di Mekkah

 

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Arief Mujayatno
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kominfo Sumut ingatkan agar hati-hati sebar berita

Komentar