Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Perikanan (KPKP) Jakarta Timur menggelar program penyuntikan vaksin antirabies untuk hewan peliharaan warga yang bisa diakses secara gratis setiap tahun.

"Virus rabies itu pasti berpotensi ada di setiap tubuh hewan peliharaan, tapi selama itu bisa dikendalikan melalui pemberian vaksin, akan aman," kata Kepala Seksi Peternakan dan Kesehatan Hewan Sudin KPKP Jakarta Timur, Irma Budiany di Jakarta, Rabu.

Kegiatan suntik vaksin antirabies gratis yang dimulai sejak awal 2019 itu digelar di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak Payung Tunas Teratai, Cipayung, Jakarta Timur.

Program tersebut sebagai bentuk konsistensi Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur dalam mempertahankan wilayah DKI Jakarta sebagai daerah bebas virus rabies.

"DKI Jakarta telah mencanangkan sebagai daerah bebas rabies sejak 2004. Kami tetap konsisten mempertahankan komitmen tersebut," katanya.

Irma mengatakan pada kegiatan penyuntikan vaksin antirabies terakhir yang digelar Rabu (28/8), terdapat sedikitnya 65 hewan peliharaan warga yang disuntik.

Hewan peliharaan tersebut terdiri atas berbagai jenis, seperti anjing, kucing, kera, atau musang.

KPKP juga terus memberikan sosialisasi dan pendataan terhadap kepemilikan hewan peliharaan di lingkungan warga sekitar.

Baca juga: Tren vaksinasi rabies HPR Jakarta Barat naik dua kali lipat

Baca juga: Vaksinasi rabies diberikan pada 1.000 ekor hewan peliharaan di Kapuas

Baca juga: Puskeswan Curup hentikan vaksinasi rabies massal


Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019