Jakarta (ANTARA) - Petenis Bulgaria Grigor Dimitrov berhasil mencetak kekecewaan dan mimpi terburuk bagi Roger Federer setelah menaklukkan juara lima kali itu di perempat final US Open dengan skor 3-6, 6-4, 3-6, 6-4, 6-2 di New York, Selasa (Rabu WIB).

​​​​​Dimitrov sempat berada di peringkat tiga dunia pada 2017, tetapi sekarang tidak diunggulkan. Saat ini ia berada di peringkat 78, dan untuk pertama kalinya maju ke semifinal US Open.

Ini akan menjadi semi final ketiganya dalam turnamen Grand Slam setelah Wimbledon 2014 dan Australia Open 2017.

Sementara itu, menurut laman resmi US Open, juara Grand Slam 20 kali Federer yang saat ini berusia 38 tahun meminta waktu perawatan untuk menangani masalah pada bagian atas tubuhnya pada awal set ketiga dan terlihat lemah hingga pertandingan berakhir.

Kemenangan Dimitrov dan tersingkirnya Federer telah menutup peluang bagi Nadal untuk bertemu dengan rival abadinya Federer di final. Padahal, keduanya sempat diperkirakan bakal bersaing  untuk pertama kalinya di Flushing Meadows.

Grigor Dimitrov akan bertemu dengan petenis Rusia Daniil Medvedev pada semifinal yang dilangsungkan Jumat mendatang (Sabtu WIB).

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2019