Jakarta (ANTARA) - Venezuela memupuskan harapan tuan rumah China untuk melangkah ke babak kedua Piala Dunia FIBA 2019 setelah memenangi pertemuan kedua tim 72-59 dalam laga pemungkas Grup A di Beijing, China, Rabu.

Hasil itu membuat Venezuela berhak melangkah ke babak kedua mendampingi juara Grup A, Polandia, berbekalkan dua kemenangan, demikian catatatan laman resmi FIBA.

Baca juga: Polandia mantapkan status juara Grup A

Sementara Venezuela dan Polandia menghadapi dua wakil Grup B, Argentina dan Rusia, dalam putaran kedua Grup I di Foshan, China akan melakoni fase pemeringkatan 17-32 di Grup M bersama Pantai Gading, Nigeria dan Korea Selatan.

Kecuali three-point play yang sukses dibukukan Zhai Xiaochuan pada awal laga, China tak pernah diberi kesempatan oleh Venezuela untuk memegang keunggulan.

Dwight Lewis melesakkan enam angka beruntun untuk membawa Venezuela berbalik unggul 6-3 pada sisa waktu enam menit 16 detik kuarter pertama dan sejak itu mereka tak pernah terkejar.

Heissler Guillent memimpin kemenangan Venezuela dengan raihan 15 poin dan delapan assist, diikuti 13 poin milik Lewis, 12 poin Gregory Vargas serta 11 poin Nesto Colmenares.

Sebaliknya China ditopang 13 poin Fang Shuo, 12 poin Zhao Jiwei serta 11 poin dan delapan rebound Yi Jianlian.

Dua nama yang jadi andalan China di laga-laga sebelumnya, Zhou Qi dan Wang Zhelin, sukses diredam oleh Venezuela dan masing-masing hanya mencatatkan delapan poin dan tujuh rebound serta lima poin.

Venezuela untuk kedua kalinya lolos ke putaran kedua Piala Dunia FIBA, setelah mencapainya pertama pada edisi 1990, di penampilan perdana mereka.

Baca juga: Puerto Rico lengkapi wakil Grup C ke babak kedua

Baca juga: Amerika Serikat butuh overtime tundukkan Turki dan capai putaran kedua

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2019