counter

Piala Dunia FIBA

Argentina, Serbia, dan Spanyol sapu bersih kemenangan putaran pertama

Argentina, Serbia, dan Spanyol sapu bersih kemenangan putaran pertama

Pebasket tim nasional Argentina Facundo Campazzo berusaha menghempaskan dunk dalam laga pemungkas penyisihan Grup B Piala Dunia FIBA 2019 melawan Rusia di Wuhan, China, Rabu (4/9/2019). (ANTARA/REUTERS/POOL/Andy Wong)

Jakarta (ANTARA) - Argentina, Serbia, dan Spanyol menyapu bersih kemenangan dalam putaran pertama Piala Dunia FIBA 2019, setelah memenangi laga pemungkas penyisihan grup masing-masing, Rabu.

Argentina yang berhadapan dengan Rusia di Wuhan, memantapkan diri sebagai juara Grup B usai memetik kemenangan 69-61.

Baca juga: Luis Scola bukukan dwiganda kala Argentina taklukkan Nigeria

Produktivitas tinggi kuarter kedua berpadu dengan rapatnya pertahanan pada kuarter ketiga menjadi kunci kemenangan Argentina dalam laga tersebut. Mereka memborong 27 poin pada kuarter kedua dan membatasi raihan angka Rusia hanya tujuh poin pada kuarter berikutnya.

Facundo Campazzo memimpin kemenangan Argentina dengan raupan 21 poin, enam rebound dan tujuh assist, dibantu bintang gaek Luis Scola yang mengemas 13 poin dan delapan rebound serta tambahan 13 poin dari Marcos Della.

Sebaliknya, Rusia ditopang penuh oleh Andrey Zubkov yang mencetak 18 poin dan tujuh rebound serta Nikita Kurbanov 13 poin.

Pun demikian, baik Argentina maupun Rusia telah memastikan diri lolos ke putaran kedua dan akan berlaga di Grup I menghadapi dua wakil Grup A, Polandia dan Venezuela, di Foshan, mulai Jumat (6/9).

Baca juga: Polandia mantapkan status juara Grup A

Baca juga: Venezuela pupuskan harapan China melangkah ke babak kedua

Sementara itu, di Foshan pada waktu sedikit lebih awal, Serbia berhasil membukukan kemenangan ketiga mereka dengan menghantam Italia 92-77 demi memuncaki klasemen akhir Grup D.

Meski akurasi tembakan Serbia hanya 49 persen, jauh lebih rendah dibanding dua laga sebelumnya, mereka tetap berhasil menutup laga dengan kemenangan kembali disokong oleh Bogdan Bogdanovic yang memborong 31 poin dan mengirimkan lima assist.

Bogdanovic mendapat bantuan yang datang dari Nikola Jokic berupa 15 poin dan enam rebound, Miroslav Raduljica 12 poin serta Stefan Jovic 11 poin dan enam rebound.

Sementara Italia tak mampu terhindar dari kekalahan kendati Danilo Gallinari tampil gemilang mengemas 26 poin dan delapan rebound, dibantu 15 poin Marco Belinelli, 13 poin Daniel Hackett serta 11 poin Alessandro Gentile.

Baca juga: Bogdanovic pimpin Serbia lumat Angola 105-59 dalam laga pembuka

Baca juga: Italia tundukkan Angola demi dekati babak kedua

Spanyol dalam pertandingan pemungkasnya berhasil menang 73-65 atas Iran di Guangzhou.

Penampilan gemilang kuarter keempat menjadi pemicu kebangkitan Spanyol yang sempat tertinggal 52-53 kala menutup kuarter ketiga.

Marc Gasol jadi penyumbang angka terbanyak Spanyol dengan 16 poin dan enam rebound, dibantu dwiganda 11 poin dan 10 rebound milik Juancho Hernangomez serta 11 poin Victor Claver.

Sementara di kubu Iran Hamed Haddadi tetap dominan dengan dwiganda 10 poin dan 15 rebound, diikuti 15 poin Mohammad Jamshidi serta 13 poin Michael Rostampour.

Spanyol akan melangkah ke Grup J di putaran kedua didampingi Puerto Rico yang memastikan lolos berkat kemenangan di laga pemungkas.

Keduanya akan bertemu Serbia dan Italia di Wuhan, mulai Jumat (6/9).

Baca juga: Rusia, Spanyol genapi enam tim pertama yang lolos ke babak kedua

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar