Info Haji

Separuh lebih haji Jawa Tengah-Yogyakarta telah kembali ke daerah asal

Separuh lebih haji Jawa Tengah-Yogyakarta telah kembali ke daerah asal

Jamaah haji dalam Kloter 60 asal Kabupaten Pati saat tiba di asrama haji Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah, Kamis. (ANTARA/Bambang Dwi Marwoto)

Boyolali (ANTARA) - Separuh lebih anggota jamaah haji Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta sudah tiba di Debarkasi Surakarta dan dipulangkan ke daerah asal masing-masing menurut data Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH).

"Dengan Kedatangan jamaah haji Kloter 60 asal Kabupaten Pati sebanyak 359 orang, sehingga jumlah total yang sudah dipulangkan ke Tanah Air sebanyak 21.491 orang atau 61,8 persen dari total 34.756 orang yang diberangkatkan ke Tanah Suci," kata Kepala Sub Bagian Penerangan, Humas, dan Protokol PPIH Debarkasi Surakarta Agus Widakdo di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Kamis.

Jamaah haji dalam kelompok terbang (Kloter) 60 asal Pati, Jawa Tengah, berangkat dari Arab Saudi pada Rabu pukul 11.40 waktu setempat dan  tiba di Bandara Adi Soemarmo Boyolali pukul 06.13 WIB, terlambat satu jam 18 menit dari jadwal semula.

Mereka lalu diangkut menuju ke Asrama Haji Donohudan Boyolali daerah dan kemudian diangkut menggunakan bus menuju ke Pati.

Hingga kedatangan jamaah dalam Kloter 60, Agus mengatakan, ada 11 orang yang kepulangannya tertunda karena masih menjalani perawatan di rumah sakit di Arab Saudi.

Selain itu ada empat anggota jamaah haji yang setibanya di Asrama Haji Donohudan langsung dirujuk ke Rumah Sakit Umum Dr. Moewardi Solo untuk menjalani perawatan karena sakit.

Anggota jamaah haji yang dirujuk ke rumah sakit setibanya di asrama haji meliputi satu anggota Kloter 8 berusia 53 tahun asal Kota Semarang, satu warga Surakarta berusia 46 tahun anggota Kloter 12, satu warga Pemalang berusia 78 tahun anggota Kloter 50, dan satu warga Blora berusia 66 tahun anggota Kloter 55.

Sementara itu, jumlah anggota jamaah haji dalam Debarkasi Surakarta yang meninggal dunia di Tanah Suci hingga kedatangan Kloter 60 asal Pati tercatat sebanyak 60 orang.

Pada Kamis, Debarkasi Surakarta juga akan menerima kedatangan jamaah haji dalam Kloter 61 yang terdiri atas 356 orang asal Kabupaten Pati dan Jepara. Jamaah Kloter 61 dijadwalkan tiba di Bandara Adi Soemarmo Boyolali pukul 11.55 WIB.

Baca juga:
10.040 haji Jawa Tengah dan DIY telah kembali ke daerah asal
Jamaah haji Indonesia terakhir tinggalkan Jeddah 1 September 2019

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Lepas kepulangan kloter pertama, Amirul Hajj meminta maaf

Komentar