Pontianak (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji mengaku bangga bahwa Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo sering berkunjung ke Kalbar yang tentunya sebagai bentuk perhatian orang nomor satu di Indonesia terhadap daerahnya.

“Suatu kebanggaan Kalbar pak Presiden sering ke Kalbar., sehingga perhatian ke Kalbar tentu besar,” ujarnya dalam sambutannya pada acara penyerahan sertifikatt program Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) dan SK pelepasan Hutan Adat yang diserahkan langsung Presiden di Pontianak, Kamis.

Terkait program sertifikasi yang dicanangkan Presiden, ia mengatakan sudah berjalan dengan baik.

“Kalau dulu lama dan sulit mengurus sertifikat. Jangankan masyarakat, sertifikat tanah pemerintah saja sulit. Namun sekarang bersyukur sudah mudah dan cepat,” kata dia.

Sutarmijdi berkeyakinan apabila program sertifikasi berjalan lancar,  maka sangat berkorelasi terhadap rendahnya konflik lahan.

“Sertifikasi lahan tidak kendala maka masyarakat bisa memiliki sertifikat tanah dengan mudah dan cepat. Ke depan konflik soal tanah atau lahan akan semakin kecil dan bahkan bisa hilang. Mari bersama kita apresiasi dan sambut kepada Presiden yang telah memberikan kemudahan,” kata dia.

Baca juga: Presiden serahkan sertifikat TORA dan SK Hutan Adat di Kalbar

Terhadap masyarakat yang menerima sertifikat program TORA dan pelepasan SK Hutan Adat, Pemerintah Provinsi Kalbar akan memberikan pedampingan dalam hal pemanfaatan lahan yang ada tersebut.

“Kita akan berikan pendampingan kepada penerima   bekerja sama dengan berbagai pihak sehingga tanah menjadi produktif. Apakah tanah untuk menanam durian unggul atau pohon lainnya,” kata dia.

Presiden Joko Widodo, Kamis (5/9/) melakukan kunjungan kerja ke Kalbar untuk kesekian kalinnya. Untuk hari ini Presiden satu di antara jadwalnya adalah penyerahan sertifikat sertifikat program TORA dan SK pelepasan Hutan Adat.

Turut mendampingi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djalil, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Staf Khusus Adita Irawati, Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, dan Plh. Sekretaris Militer Presiden Brigjen TNI Basuki Nugroho.

Dalam penyerahan sertifikat TORA dihadiri juga oleh para gubernur dan wakil se Kalimantan, para bupati dan wakil di Kalbar, penerima sertifikan di Kalimnatan dan para undangan.

Baca juga: Sutarmidji akan ajak Presiden Jokowi tanam durian unggul di Kalbar
Baca juga: Indahnya "pagar" baru rumah kita di Kalbar



 

Pewarta: Dedi
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019