Jambi (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Jambi mengirimkan lagi tambahan pasukan ke Polda Papua untuk melakukan pengamanan guna mengatasi kericuhan yang terjadi di provinsi itu.

Usai memimpin apel pelepasan personel ke Papua di Lapangan Mapolda Jambi, Kamis, Kapolda Irjen Pol. Muchlis A.S.menyebutkan pada hari Jumat (30/8) pihaknya memberangkatkan 250 personel Brimob di bawah pimpinan Dansat Brimob Polda Jambi. Mereka ditempatkan di Sektor III Abepura Kota Jayapura, Papua.

"Pada hari Kamis, sesuai dengan perintah Kapolri, diberangkatkan lagi ke Polda Papua sebanyak 100 personel," katanya.

Baca juga: Papua Terkini - Polda Sulbar kirim personel Brimob ke Papua

Ia mengatakan bahwa tugas tersebut merupakan tugas mulia dalam menjaga dan memelihara kamtibmas di Papua.

Maka dari itu, dia meminta mereka untuk melaksanakan tugas bawah kendali operasi (BKO) ini dengan penuh semangat, tegas, dan humanis.

"Awali setiap tugas dengan doa, tidak takabur, hindari pelanggaran serta tidak underestimate terhadap situasi wilayah tempat Anda bertugas. Laksanakan tugas ini dengan profesional dan prosedural yang dilandasi dengan hati nurani yang baik dan niatkan sebagai amal ibadah," kata Muchlis A.S di hadapan pasukan tersebut.

Kapolda Jambi menekankan beberapa hal, yakni: pertama, tingkatkan iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa; kedua, cek kembali seluruh personel dan segala perlengkapan yang akan digunakan selama melaksanakan tugas di Polda Papua.

Baca juga: Papua Terkini - Polda Kalbar kirim lagi 180 personel Brimob ke Papua

Ketiga, dalam pelaksanaan tugas agar selalu berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait serta menjunjung tinggi kearifan lokal.

Keempat, dalam rangka pergerakan pasukan, ikuti prosedur teknis dan taktis sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Selain itu, tanamkan disiplin dan jiwa korsa yang telah terbina selama ini dan melakukan pendekatan secara persuasif kepada masyarakat sekitar, serta menjaga nama baik kesatuan, khususnya Polda Jambi, di mana pun ditugaskan.

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2019