Jakarta (ANTARA) - Petenis Spanyol Rafael Nadal berhasil menaklukkan petenis Argentina Diego Schwartzman, meskipun ia sempat mengalami cedera pada lengan kiri, dengan menang tiga set langsung 6-4, 7-5, 6-2 di Flushing Meadows, Rabu (Kamis WIB).

Setelah rekannya di big three yakni Roger Federer dan Novak Djokovic tersingkir, jalan Nadal untuk merengkuh kembali trofi AS Terbuka untuk keempat kalinya itu semakin mulus.

Namun Schwartzman tampaknya merupakan lawan yang cukup sulit bagi Nadal meskipun pada tujuh pertemuan mereka sebelumnya Nadal tak terkalahkan dan hanya kalah dua set.

“Saya melakukan kesalahan tapi saya sangat senang dapat menerima tantangan,” kata Nadal yang membutuhkan waktu hingga tiga jam untuk mengalahkan Schwartzman.

“Saya hanya terus berusaha mendapatkan poin demi poin dan saat ini saya di semifinal dan itu adalah hal yang terpenting bagi saya.”

Petenis berusia 33 tahun itu harus bekerja ekstra untuk meraih poin apalagi saat petenis Argentina itu memberikan perlawanan setelah servisnya dipatahkan dua kali pada dua set pertama.

Schwatzman pun memberikan perlawanan dengan meraih kemenangan di empat gim selanjutnya.

Petenis spanyol terus melakukan servis dan mematahkan servis lawan untuk kemudian unggul 1-0.

Servis terus dilakukan di set kedua saat Nadal banjir keringat, ia mendapat advantage 5-1 tapi lagi-lagi petenis unggulan ke-20 itu masih belum menyerah hingga empat gim selanjutnya.

Namun Petenis Spanyol berusia 33 tahun itu mampu mematahkan servis lawannya sehingga unggul lagi 2-0.

Di set ketiga, keduanya tidak mampu meraih kemenangan hingga Nadal mendapatkan break untuk unggul 4-2. Kemudian, ia juga memberikan pukulan winner dan menutup pertandingan dengan break lainnya.

“Seperti singa di tengah hutan. Dia petarung. Dia tahu bagaimana bermain di momen-momen penting. Delapan kali bertemu, dia selalu bermain lebih baik daripada saya,” kata Schwartzman seperti dikutip Reuters.

Selanjutnya ia akan berhadapan dengan petenis Italia Matteo Berrettini di semifinal pada Jumat (Sabtu WIB) mendatang.

Baca juga: Nadal ke putaran keempat US Open usai hempaskan wakil Korea Selatan

Baca juga: Tundukkan Millman, Nadal melaju ke babak dua US Open

Penerjemah: Shofi Ayudiana
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2019