Dia salah satu pemain yang melakukan segalanya dengan sangat baik. Jadi saya harus melakukan segalanya dengan baik juga
Jakarta (ANTARA) - Serena Williams memiliki kesempatan menyamai rekor 24 gelar Grand Slam tetapi kemungkinan akan menghadapi ujian terberatnya pada turnamen US Open tahun ini saat dia bertemu unggulan kelima asal Ukraina Elina Svitolina pada semifinal yang akan digelar di New York, Kamis waktu setempat.

Williams hanya memerlukan waktu 44 menit untuk menyingkirkan petenis China Wang Qiang yang sedang melakukan debutnya pada perempat final turnamen tingkat Grand Slam, tetapi dia sadar ujian yang lebih berat menantinya seandainya dia membukukan tempat di final.

Petenis unggulan kedelapan asal Amerika Serikat itu memiliki catatan keunggulan menang-kalah 4-1 atas Svitolina tetapi petenis asal Ukraina itu belum pernah menelan kekalahan satu set pun di New York dan sudah mengalahkan Williams dalam dua set langsung saat terakhir mereka bertemu pada Olimpiade 2016 di Rio.

"Dia jelas seorang petarung. Dia banyak mengembalikan bola dan tidak melakukan banyak kesalahan," kata Serena Williams seperti dikutip Reuters.

"Dia salah satu pemain yang melakukan segalanya dengan sangat baik. Jadi saya harus melakukan segalanya dengan baik juga," kata Williams.

Baca juga: Tersingkir dari US Open, Wang anggap Williams pemain yang sangat kuat

Sejak kembali lagi ke lapangan setelah cuti hamil pada 2018, Williams mendapat kesempatan untuk menyamai rekor 24 gelar Grand Slam yang disandang legenda Australia Margaret Court pada dua final Wimbledon terakhir dan final US Open tahun lalu.

Sementara itu Svitolina yang mengatakan bahwa kemenangannya di Rio memberi dia kepercayaan diri adalah seorang yang gigih di lapangan dan mengejar bola dengan kekuatan yang dapat menyebabkan masalah bagi Williams.

"Saya sudah bermain menghadapi beberapa pemain yang memiliki pukulan keras pada turnamen ini, banyak, dan saya harus bereaksi secara cepat dengan kaki saya dan tembakan-tembakan saya juga. Lalu saat saya memiliki kesempatan, lakukan lah," kata Svitolina, yang menjalani pemanasan US Open dengan mencapai perempat final di San Jose, Toronto, dan babak 16 besar di Cincinnati.

Pada semifinal lainnya, petenis unggulan ke-13 asal Swiss Belinda Bencic, yang menumbangkan juara 2018 Naomi Osaka pada babak keempat, akan menghadapi unggulan ke-15 asal Kanada Bianca Andreescu.

Baca juga: Serena Williams menang untuk ke-100 kali, melaju ke semifinal

Pewarta: Irwan Suhirwandi
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2019