counter

Piala Dunia FIBA

Brasil pastikan posisi puncak Grup F

Brasil pastikan posisi puncak Grup F

Pebasket tim nasional Brasil Anderson Varejao (kanan) memeluk pemain Montenegro Bojan Dubljevic (kiri) seusai laga pemungkas penyisihan Grup F Piala Dunia FIBA 2019 di Nanjing, China, Kamis (5/9/2019). (ANTARA/REUTERS/Edgar Su)

Jakarta (ANTARA) - Brasil memastikan posisi puncak Grup F Piala Dunia FIBA 2019 seusai mengalahkan Montenegro 84-73 di Nanjing, China, Kamis.

Hasil itu membuat Brasil melewati putaran pertama dengan catatan sapu bersih kemenangan dalam tiga laga, setelah sebelumnya telah memastikan satu tempat di putaran kedua, demikian catatan laman resmi FIBA.

Baca juga: Brasil jungkalkan Yunani, jadi tim Grup F pertama lolos babak kedua

Brasil masih menanti pendampingnya dari Grup F untuk tampil di putaran kedua di Grup K menghadapi dua wakil Grup E, salah satunya juara bertahan dua edisi Amerika Serikat di Shenzhen, mulai Sabtu (7/9).

Berbekal catatan akurasi tembakan terbuka 51 persen, Brasil memaksa Montenegro, yang melakoni debutnya di putaran final Piala Dunia FIBA, melewatkan putaran pertama tanpa satu kemenangan pun.

Marcelinho Huertas jadi pengumpul angka terbanyak Brasil dalam kemenangan kali ini lewat 16 poin dan enam rebound, dibantu 14 poin dan delapan rebound milik Cristiano Felicio, 13 poin yang dicetak Marquinhos Sousa serta 11 poin dari Alex Garcia.

Di kubu Montenegro, Derek Needham membukukan catatan dwiganda 16 poin dan 10 assist dibantu masing-masing 10 poin Petar Popovic dan Bojan Dubljevic.

Sementara itu dalam pertandingan lain yang berlangsung bersamaan Kanada berhasil memetik kemenangan perdananya dengan skor 82-60 atas Senegal di Grup H.

Baca juga: Lithuania lumat Kanada 92-69, lanjut ke babak kedua

Baca juga: Dominika di ambang babak kedua usai tundukkan Jerman 70-68


Sedangkan Jerman menang cukup telak yakni 96-62 melawan Yordania di Grup G.

Pun demikian, sebagaimana Montenegro, Kanada dan Jerman sudah dipastikan tak akan lolos ke putaran kedua dan hanya akan mengikuti fase pemeringkatan 17-32.

Jerman, Kanada, Senegal dan Yordania akan berhadapan di Grup P di Shanghai, mulai Sabtu (7/9).

Sementara itu Montenegro setidaknya akan bertemu Jepang dan satu tim lain dari Grup E di Grup O di Dongguan.

Baca juga: Argentina, Serbia, dan Spanyol sapu bersih kemenangan putaran pertama

Baca juga: Venezuela pupuskan harapan China melangkah ke babak kedua

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar