counter

Piala Dunia FIBA

Ceko rebut tiket terakhir Grup E menuju babak kedua

Ceko rebut tiket terakhir Grup E menuju babak kedua

Pebasket tim nasional Republik Ceko Tomas Satoransky melakukan selebrasi bersama para penggemar seusai mengalahkan Turki dalam laga pemungkas penyisihan Grup E Piala Dunia FIBA 2019 di Shanghai, China, Kamis (5/9/2019), sekaligus memastikan langkah ke putaran kedua. (ANTARA/REUTERS/Aly Song)

Jakarta (ANTARA) - Republik Ceko merebut tiket terakhir dari Grup E menuju babak kedua Piala Dunia FIBA 2019 seusai mengalahkan Turki 91-76 dalam pertandingan di Shanghai, China, Kamis.

Kemenangan kedua itu membuat Ceko berhak melaju ke babak kedua mendampingi Amerika Serikat yang sudah lebih dulu melangkah untuk tampil di Grup K menghadapi dua wakil Grup F, salah satunya Brasil, demikian catatan laman resmi FIBA.

Baca juga: New Zealand, Ceko buka peluang lolos babak kedua

Baca juga: Amerika Serikat butuh overtime tundukkan Turki dan capai putaran kedua


Ceko yang unggul 43-35 kala menutup paruh pertama laga sempat direpotkan oleh kebangkitan Turki pada kuarter ketiga.

Dua tripoin beruntun disusul sebuah driving layup dari Melih Mahmutoglu sempat mengantarkan Turki menyamakan kedudukan 43-43 saat kuarter ketiga baru belum genap berjalan dua menit.

Akan tetapi lewat rentetan delapan poin tanpa balas yang digenapi sebuah dunk Ondrej Balvin, Ceko kembali menjauh dari kejaran Turki dalam kedudukan 64-53 pada sisa waktu dua menit 31 detik kuarter ketiga.

Kerja keras Turki hanya bisa membuat mereka memangkas jarak menjadi 60-66 saat kuarter ketiga berakhir.

Ceko tampil lebih tenang pada kuarter keempat dan sukses memperlebar jarak keunggulan 79-68 pada sisa waktu lima menit tiga detik pertandingan.

Sejak itu keunggulan mereka tak lagi tergoyahkan hingga sebuah layup dari Pavel Pumprla berhasil memastikan kemenangan 91-76 bagi Ceko sekaligus satu tempat di putaran kedua.

Ceko sukses menandai penampilan debutnya di Piala Dunia FIBA dengan melangkah ke putaran kedua.

Kemenangan atas Turki disokong dwiganda 17 poin dan 11 rebound dari Balvin, diikuti 18 poin Vojtech Hruban, 16 poin dan sembilan rebound Patrik Auda, 15 poin Jaromir serta 11 poin, tujuh rebound dan tujuh assist Tomas Satoransky.

Sementara Turki ditopang oleh Cedi Osman yang memborong 24 poin, disusul 16 poin Furkan Korkmaz serta 14 poin Mahmutoglu.

Mereka selanjutnya akan berlaga dalam fase pemeringkatan di Grup O bersama Jepang menghadapi dua tim yang tersingkir dari Grup F, salah satunya Montenegro.

Baca juga: Brasil pastikan posisi puncak Grup F

Baca juga: Argentina, Serbia, dan Spanyol sapu bersih kemenangan putaran pertama

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar