Petugas aparat keamanan termasuk Paspampres datang ke PT Esemka sudah dua hari ini. Mereka juga melakukan persiapan acara peresmian
Boyolali (ANTARA) - Presiden Joko Widodo dijadwalkan meresmikan pabrik otomotif PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali, Jumat (6/9).

Berdasarkan pantauan Antara dari luar pabrik PT Esemka, di Desa Demangan Boyolali, Kamis petang, terlihat sejumlah manajemen pabrik, aparat keamanan baik dari TNI maupun Polri tampak lalu lalang di sekitar pabrik mempersiapkan acara peresmian yang akan dihadiri Presiden Jokowi.

Sejumlah petugas satuan pengaman yang tidak mau disebut namanya, berjaga-jaga di pintu masuk halaman melarang media masuk untuk masuk ke halaman pabrik otomotif Esemka. Lampu di dalam pabrik seluruhnya terlihat menyala terang. Sejumlah mobil keluar masuk halaman pabrik persiapan panitia untuk menyambut kedatangan RI 1.

"Maaf media dilarang masuk. Saya diperintahkan melarang media masuk halaman pabrik. Jika mau foto silakan dari luar halaman saja," kata salah satu petugas satpam PT Esemka.

Baca juga: Kemenperin dorong Esemka gunakan komponen lokal

Namun, petugas itu membenarkan bahwa Presiden Jokowi akan meresmikan pabrik ini, pada Jumat (6/9), sekitar pukul 10.00 WIB.

Petugas keamanan baik dari Paspampres dan dibantu anggota TNI dan Polri telah melakukan pemeriksaan sejak Rabu (4/9) hingga Kamis ini. Petugas melakukan pemeriksa seluruh ruangan pabrik Esemka yang akan digunakan untuk acara.

"Petugas aparat keamanan termasuk Paspampres datang ke PT Esemka sudah dua hari ini. Mereka juga melakukan persiapan acara peresmian," kata salah satu petugas anggota TNI setempat yang tidak mau disebut namanya.

Bahkan, warga desa sekitar juga melakukan persiapan dengan memasang umbul-umbul dan bendera di sepanjang jalan menuju pabrik PT Esemka untuk menyambut kedatangan Presiden Jokowi.

Menurut Warso (40), salah satu warga Desa Demangan, ia memasang bendera dan umbul-umbul di sepanjang jalan untuk menyambut Presiden Jokowi.

"Pak Jokowi datang ke desa ini, akan meresmikan pabrik Esemka itu," katanya.

Pabrik PT Esemka di Desa Demangan Sambi Boyolali tersebut, sebelumnya memang akan diresmikan setelah Pemilu Presiden 2019. Pabrik itu, setiap hari terlihat banyak karyawan yang bekerja.

Baca juga: Pabrik mobil Esemka di Boyolali terus produksi
Baca juga: Agar tetap eksis, mobil Esemka harus punya segmen pasar

 

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019