Jakarta (ANTARA) - Giannis Antetokounmpo tampil optimal demi membawa Yunani lolos ke babak kedua Piala Dunia FIBA 2019 dengan melewati hadangan New Zealand dan menang 103-97 dalam laga pemungkas Grup F di Nanjing, China, Kamis.

Pemain Terbaik (MVP) NBA 2018/19 itu mengemas dwiganda 24 poin dan 10 rebound dilengkapi enam assist serta tingkat akurasi tembakan terbuka 60 persen, demikian catatan laman resmi FIBA.

Baca juga: Antetokounmpo rela tukarkan trofi MVP NBA dengan medali juara Yunani

Antetokounmpo dkk seolah tak terpengaruh atraksi Haka khas New Zealand yang dilakukan tiap mereka jelang bertanding, sebab Yunani membuka dan menutup pertandingan dengan cara terkuat.

Sebanyak 28 poin pada kuarter pertama dan 32 poin lainnya pada kuarter keempat jadi pondasi utama kemenangan Yunani kendati tingkat akurasi tembakan terbuka mereka cuma 50 persen, sedikit kalah apik dibandingkan New Zealand yang mencapai 53 persen.

Selain itu, permainan agresif yang mereka lakukan dengan banyak menembus area dalam pertahanan New Zealand berbuah 37 kesempatan lemparan bebas yang 27 di antaranya terkonversi menjadi poin.

Giannis juga tak sendirian menopang kemenangan Yunani sebab Ioannis Papetrou turut menyumbangkan 16 poin, Nick Calathes 14 poin dan lima assist, Kostas Sloukas 13 poin serta kakaknya Thanasis Antetokounmpo yang mengemas 10 poin.

Sebagaimana Antetokounmpo di Yunani, New Zealand juga punya tulang punggung utama dalam diri Corey Webster yang memborong 31 poin sepanjang laga.

Corey dapat bantuan 17 poin dari saudaranya sendiri Tai Webster, disusul 18 poin Tom Abercrombie dan 15 poin Isaac Fotu, namun New Zealand tetap tak terhindar dari kekalahan.

Baca juga: Brasil bertekad jaga konsistensi di putaran kedua

Baca juga: Jepang jadi bulan-bulanan Amerika

Yunani akan melangkah ke putaran kedua mendampingi juara Grup F Brasil dan tampil di Grup K menghadapi dua wakil Grup E, Amerika Serikat dan Republik Ceko, di Shenzhen.

Antetokounmpo berpeluang membuktikan statusnya sebagai MVP NBA ketika menghadapi Amerika pada Sabtu (7/9), sebelum dua hari kemudian melawan tim debutan Ceko.

Baca juga: Ceko tampil bagai singa saat terkam Turki

Baca juga: Venezuela pupuskan harapan China melangkah ke babak kedua

Baca juga: Argentina, Serbia, dan Spanyol sapu bersih kemenangan putaran pertama


 

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2019