London (ANTARA) - Pagelaran seni dan budaya serta promosi ekonomi kreatif Indonesia bertajuk Kalimantan Wonderland dihadiri ribuan warga Serbia di Beograd dan sekitarnya yang diadakan Kedutaan Indonesia, Beograd bekerja sama dengan Jungle Travel, dan perusahaan Indonesia di Serbia Indofood dan Delta Danube di Benteng Kalemegdan situs bersejarah di Kota Beograd, Serbia, akhir Agustus tadi.

Duta Besar Indonesia untuk Serbia dan Montenegro, M. Chandra W. Yudha, Kamis mengatakan Kalimantan Wonderland digelar untuk merayakan 65 tahun hubungan bilateral Indonesia Serbia sekaligus mempromosikan ekonomi kreatif, pariwisata dan seni budaya Indonesia.

Kalimantan Wonderland terdiri dari dua kegiatan Pasar Indonesia, menampilkan berbagai produk ekonomi kreatif, kerajinan tangan, dan batik khas Kalimantan dan beberapa daerah lain, serta produk kuliner dengan mendatangkan sejumlah wirausaha Indonesia dan Serbia dan penampilan tarian tradisional Indonesia oleh penari dari Sanggar Tari KBRI Beograd Bidadari dan Citra Indonesia.
Baca juga: Presiden Jokowi minta Serbia perluas akses pasar Indonesia

Pada kegiatan promosi ini juga terdapat beberapa booth seperti workshop tari, pameran foto “the Beauty of Indonesia”, Kids corner Drawing Orangutan, Dayak Tribe tattoo, booth beasiswa pemerintah Republik Indonesia (Darmasiswa dan KNB), Indonesian traditional spa dan Senam Pernapasan Tradisional Indonesia (NAPERTAI)

Pemandangan menarik terjadi pada saat antrian warga Serbia memanjang di depan booth makanan Indonesia yang ingin merasakan dadar gulung yang dibuat KBRI Beograd. Kebanyakan warga Serbia belum pernah mencicipi dadar gulung sebelumnya menikmati kuliner khas Indonesia tersebut.

Selain dudur gulung, makanan Indonesia lainnya seperti bakwan, martabak dan indomie juga diserbu pengunjung. Gastrodiplomacy digunakan KBRI Beograd memperkenalkan Indonesia ke masyarakat Serbia. Antusiasme tinggi warga Serbia terlihat dari ribuan pengunjung yang hadir sepanjang festival Kalimantan Wonderland.
Baca juga: Indonesian jaring wisatawan Eropa Timur di Serbia

Jana Dacovic dan Marko Katic, warga Serbia yang hadir dalam festival menikmati makanan Indonesia dan tari-tarian yang ditampilkan. Setelah mengunjungi event ini, keduanya baru tahu Indonesia adalah negara sangat kaya dengan seni dan budaya. Mereka juga sangat berkeinginan mengunjungi tempat wisata di Indonesia suatu saat.

Sementara itu pengunjung lainnya , Marija Andric dan Boris Radosevic, menyatakan acara ini sangat menarik dan bermanfaat dalam mengenal Indonesia. Marija dan Boris juga menyampaikan sebelumnya hanya mengenal Indonesia melalui Bali. Setelah mengunjungi event ini, keduanya baru mengetahui Indonesia adalah negara yang sangat kaya dengan seni dan budaya serta memiliki berbagai tempat pariwisata yang menarik.
Baca juga: Presiden Serbia resmikan pabrik mie instan Indonesia

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019