Taman Safari Indonesia kampanyekan konservasi lewat lomba foto satwa

Taman Safari Indonesia kampanyekan konservasi lewat lomba foto satwa

Perhelatan IAPC Taman Safari pada tahun 1993 masih mengandalkan kamera roll film. (Istimewa).

Para peserta juga dapat leluasa mengabadikan perilaku satwa liar di Taman Safari Bogor
Cisarua, Bogor (ANTARA) - Taman Safari Indonesia (TSI) menginisiasi lomba foto satwa sebagai langkah untuk mengampanyekan konservasi alam dalam usaha menyelamatkan satwa-satwa yang ada di Indonesia, terutama yang merupakan endemik di kepulauan Nusantara.

Deputy Director TSI Hans Manansang  dalam keterangan persnya  di Bogor, Jumat, mengatakan Indonesia memiliki sekitar 300 ribu jenis satwa liar atau 17 persen dari satwa di dunia dan di antaranya banyak satwa endemik yang hanya bisa ditemukan di daratan Nusantara dan sebagiannya benar-benar terancam punah.

"Sebagai lembaga konservasi, TSI ingin berperan dalam menyelamatkan satwa liar endemik Indonesia tersebut. TSI getol mengampanyekan perlindungan satwa ke publik, seperti  dengan mengadakan kompetisi lomba foto, International Animal Photo Competition (IAPC) 2019," kata Hans.

IAPC 2019, kata Hans, akan dihelat di Taman Safari Bogor yang merupakan Taman Safari yang pertama berdiri mengusung konservasi, dengan tujuan mengajak masyarakat mendukung upaya konservasi satwa melalui karya foto.

"Melalui seni karya foto itulah, kampanye konservasi bisa tersampaikan dengan baik kepada masyarakat umum," ucap Hans.

Baca juga: Pengelola Taman Safari diundang bantu bikin kebun binatang di India


Dalam acara roadshow IAPC 2019 di Taman Safari Bogor yang akan berlangsung pada Sabtu, 14 September 2019 mendatang, akan diisi dengan berbagai kegiatan mulai dari peserta yang nantinya diajak untuk mengeksplorasi satwa-satwa di Taman Safari Bogor, hingga diberi pengetahuan seputar konservasi yang telah dilakukan Taman Safari Bogor sejak tahun 1986.

"Para peserta juga dapat leluasa mengabadikan perilaku satwa liar di Taman Safari Bogor. Tingkah satwa-satwa liar di Taman Safari Bogor itu menggambarkan keseharian mereka di habitat aslinya," ujar Hans.

Lomba foto satwa di Taman Safari Bogor ini merupakan roadshow kedua dari rangkaian IAPC 2019. Roadshow pertama telah digelar di Bali Safari pada Sabtu, 24 Agustus 2019 lalu. Sedangkan pembukaannya sendiri berlangsung di Jakarta Aquarium pada 27 Juli 2019.

Untuk mendaftar IAPC 2019 di Bogor, peserta wajib membayar biaya pendaftaran melalui aplikasi LinkAja, dengan promo cashback yang cukup menarik. Peserta cukup melakukan scan barcode yang ada di akun Instagram unit-unit Taman Safari Indonesia, Canon Indonesia, dan id-photgrapher. Saat acara, peserta cukup menunjukkan bukti pembayarannya untuk dapat mengikuti lomba sekaligus berkesempatan memenangkan hadiah total ratusan juta Rupiah.


Baca juga: Akibat Karhutla di TNTN, gajah sumatera masuk kebun warga di Riau
Baca juga: Konservasi satwa lewat lomba fotografi

 

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Puluhan ekor burung Jalak Bali dilepas dari penangkaran

Komentar