Info Haji

Kloter 27 Debarkasi Makassar terbanyak lakukan mutasi

Kloter 27 Debarkasi Makassar terbanyak lakukan mutasi

Jamaah haji Gorontalo Debarkasi Makassar tiba dengan maskapai Garuda Indonesia di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar. ANTARA Foto/Suriani Mappong

Dari delapan provinsi di Kawasan Timur Indonesia, hanya provinsi Gorontalo saja yang transit dan tidak masuk asrama di Makassar, karena memiliki asrama haji sendiri.
Makassar (ANTARA) - Jamaah haji Kelompok Terbang (Kloter) 27 asal Gorontalo, Debarkasi Makassar, tercatat terbanyak yang mutasi karena wafat dan pindah kloter dibanding kloter lainnya yang telah tiba di Debarkasi Makassar.

Hal itu diketahui dari data Siskohat dan PPIH Embarkasi Debarkasi Makassar, Jumat, yang menunjukkan terdapat satu orang jamaah haji mutasi masuk dan enam orang jamaah haji yang mutasi keluar.

Jamaah haji mutasi masuk atas nama Leny Walangadi Nur (perempuan) adalah eks. Kloter 34 asal Gorontalo yang pindah ke Kloter 27.

Sedangkan jamaah haji mutasi keluar sebanyak enam orang, terdapat empat orang diantaranya mutasi karena pindah kloter, sedang dua orang jamaah haji lainnya karena wafat atas nama Darwin Yantu Hatama (lelaki) pada 16 Agustus 2019 dan Rauda Hulinggi Saini (perempuan) yang wafat pada 11 Agustus 2019.

Baca juga: Jamaah haji Gorontalo pulang awal September

Baca juga: Jamaah Gorontalo Utara dalam kondisi sehat saat wukuf di Arafah


Meskipun jamaah haji Gorontalo masuk Debarkasi Makassar, namun tidak masuk ke Asrama Haji Sudiang, Makassar. Jamaah haji dan petugas haji serta kesehatan berjumlah 450 orang ini hanya transit di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar dan selanjutnya meneruskan penerbangan ke Gorontalo untuk masuk asrama diterima secara resmi oleh petugas PPIH dan Pemprov setempat.

"Dari delapan provinsi di Kawasan Timur Indonesia, hanya provinsi Gorontalo saja yang transit dan tidak masuk asrama di Makassar, karena memiliki asrama haji sendiri," kata Sekretaris PPIH Embarkasi Debarkasi Makassar H Solihin.

Sebelumnya, jamaah haji Kloter 26 asal Gorontalo juga sudah tiba di tanah air melalui Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, dan langsung melanjutkan penerbangan ke kota asalnya.

Dengan tibanya jamaah haji Kloter 27 asal Gorontalo ini total jamaah haji Debarkasi Makassar yang sudah kembali sebanyak 12.229 orang. Dari jumlah tersebut 7.559 orang diantaranya adalah perempuan dan sisanya 4.570 orang laki-laki.*

Baca juga: 450 JCH berangkat dari Embarkasi Haji Antara Gorontalo

Baca juga: PPIH Gorontalo siap berangkatkan jamaah calon haji

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar