counter

Formula 1

Monza diguyur hujan, Leclerc tercepat di FP1 GP Italia

Monza diguyur hujan, Leclerc tercepat di FP1 GP Italia

Pebalap Ferrari Charles Leclerc di sesi latihan GP Italia, Sirkuit Monza. (6/9/2019) Reuters/Massimo Pinca

Jakarta (ANTARA) - Charles Leclerc membawa Ferrari sebagai yang tercepat di sesi latihan FP1 di Sirkuit Monza, Italia, yang diwarnai hujan dan sejumlah insiden kecelakaan, Jumat.

Pebalap berusia 21 tahun asal Monako itu mencatatkan waktu tercepat satu menit 27,905 detik di sirkuit yang terletak di dekat kota Milan itu, demikian Reuters.

Di saat Ferrari dan Monza akhir pekan ini merayakan hari ulang tahun mereka yang ke-90, para tifosi tim Kuda Jingkrak itu pun memadati sesi latihan bebas walau pun cuaca buruk.

Duo McLaren, Carlos Sainz dan Lando Norris berada di peringkat dua dan tiga hari itu mengungguli juara dunia lima kali Lewis Hamilton dari tim Mercedes yang berada di peringkat empat dengan waktu 1:28,730.

Mobil Alfa Romeo yang dikendarai Kimi Raikkonen melintir dan terjebak di gravel tikungan Parabolica dengan seketika mengakhiri sesi latihan tanpa mencatatkan waktu hari itu. Sedangkan rekan satu tim Raikkonen, Antonio Giovinazzi mencatatkan waktu di peringkat 11.

Sergio Perez juga kehilangan kendali mobil Racing Point-nya ketika keluar tikungan Ascari yang berujung kerusakan kedua sayap mobilnya dan kemungkinan kerusakan girboks.

Pierre Gasly juga membuat sesi latihan hari itu dihentikan sementara untuk kali ketiga ketika mobil Toro Rosonya melintir di tikungan yang sama. Namun, Gasly mampu mencatatkan waktu di peringkat 10 besar.

Alexander Albon, yang bertukar bangku dengan Gasly di Red Bull, finis peringkat lima hari itu, sementara rekan satu timnya, Max Verstappen di peringkat tujuh.

Verstappen akan start dari grid belakang karena melakukan pergantian mesin, demikian pula Gasly dan Norris mendapat penalti yang sama di balapan nanti.

Pebalap Ferrari lainnya, Sebastian Vettel hanya mampu finis ke-delapan tercepat, di depan pebalap Mercedes Valtteri Bottas di peringkat sembilan.
 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar