Pemeritah diminta gunakan Esemka

Pemeritah diminta gunakan Esemka

Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (kiri) mengamati salah satu produk mobil keluaran pabrik mobil Esemka saat meresmikan pabrik mobil PT. Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) di Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019). . ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/wpa.

Itu memang penting untuk bisa menciptakan pasar dan meyakinkan masyarakat akan produk tersebut
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah diminta untuk menggunakan produk karya anak bangsa seperti Esemka yang baru saja diresmikan Presiden Jokowi, sebagai wujud nyata mendukung industrialisasi.

"Peranan pemerintah justru di situ, tidak hanya membantu dengan kebijakan tapi juga memberi dukungan moral dengan membeli dan menggunakan produk karya anak bangsa," kata Direktur Re-industrialisasi Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB) Achmad Rizal yang dihubungi di Jakarta, Jumat.

Rizal menuturkan dukungan pemerintah itu juga berlaku untuk semua produk karya anak bangsa selain Esemka, misalnya motor listrik Gesits.

Ia menyebut penggunaan produk karya anak bangsa misalnya bisa dilakukan dengan kewajiban pengadaan barang oleh pemerintah. Menurut dia, hal tersebut juga telah lumrah dilakukan di banyak negara.

"Semua negara seperti itu dan wajar. Itu memang penting untuk bisa menciptakan pasar dan meyakinkan masyarakat akan produk tersebut," katanya.

Rizal menambahkan, penggunaan produk dalam negeri oleh pemerintah penting dilakukan karena juga akan mendukung perputaran roda produksi industri.

"Jadi gunakan produk produksi dalam negeri. Tanpa itu, industrialisasi tidak akan jalan. Karena ujungnya industrialisasi adalah produknya bisa dibeli dan laku di pasaran," ujarnya.


Baca juga: Esemka diharapkan jadi ladang berkarya insinyur nasional
Baca juga: Masyarakat diharapkan mau gunakan produk mobil Esemka
Baca juga: Ekonom dorong pemerintah harus berani instruksikan pemakaian Esemka

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Jokowi jajal mobil pikap Esemka Bima

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar