counter

Pemkab Lumajang optimalkan wisata Ranu Pani di lereng Gunung Semeru

Pemkab Lumajang optimalkan wisata Ranu Pani di lereng Gunung Semeru

Bupati Lumajang Thoriqul Haq meninjau kawasan Ranu Pani di lereng Gunung Semeru (Humas Pemkab Lumajang)

Ranu Pani memiliki potensi pariwisata karena jumlah wisatawan yang luar biasa, tetapi masih belum dikelola dengan optimal
Lumajang, Jawa Timur (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur akan mengoptimalkan objek wisata Ranu Pani yang berada di lereng Gunung Semeru untuk mendongkrak kunjungan wisatawan ke kawasan setempat.

"Ranu Pani memiliki potensi pariwisata karena jumlah wisatawan yang luar biasa, tetapi masih belum dikelola dengan optimal," kata Bupati Lumajang Thoriqul Haq di Lumajang, Jumat.

Untuk mengoptimalkan, lanjut dia, Pemkab Lumajang akan fokus pada beberapa poin seperti pengoptimalan potensi wilayah, kawasan permukiman dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) di kawasan Ranu Pani.

Menurut dia, sektor pariwisata tidak hanya sekedar "G to G" atau government to government, namun ada unsur lain seperti jasa pariwisata, pengembangan SDM masyarakat sekitar beserta unsur pendukung lain yang perlu dikelola dengan baik, agar kawasan Ranu Pani di lereng Gunung Semeru dapat dikembangkan menjadi wisata unggulan.

"Kami berharap ke depan, masyarakat Ranu Pani tidak hanya sekedar memiliki penghasilan dari pertanian tetapi juga dari kehadiran sektor pariwisata," katanya.

Sementara Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati mengatakan kawasan Ranu Pani memang harus segera direvitalisasi, bukan hanya untuk mendongkrak pariwisata, namun juga sebagai upaya menyelematkan kondisi Ranu Pani.

"Harus ada komitmen dari semua pihak, terutama pengelola karena itu sudah dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) dan ini menjadi tanggung jawab TNBTS, serta tanggung jawab kita pecinta lingkungan," ujarnya.

Untuk mengoptimalkan potensi di Ranu Pani, lanjut dia, perlu adanya perubahan pola pikir masyarakat sekitar, sehingga pemerintah dalam hal itu berkewajiban mengembangkan SDM masyarakat sekitar menjadi lebih modern tanpa meninggalkan budayanya.

"Ranu Pani punya kekhasan sendiri dan masyarakat dengan budayanya sendiri harus dipertahankan, ekosistemnya dipulihkan dan perilakunya ditingkatkan untuk menjadi lebih modern tanpa meninggalkan budayanya," tuturnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lumajang Bambang Soekwanto mengatakan nantinya akan ada kegiatan berskala nasional yang akan diselenggarakan di kawasan Ranu Pani untuk semakin menarik minat para wisatawan berkunjung ke Lumajang.

"Kami akan mengadakan sebuah even musik di Ranu Regulo yakni sesuatu yang agak berbeda 'Semeru Music Accoustic' yang juga akan bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Bali dan acara-acara budaya akan digelar di sekitar Ranu Pani," katanya.

Baca juga: TNBTS-relawan bersihkan gulma kiambang di danau Gunung Semeru

Baca juga: Grebeg Suro di Gunung Semeru tingkatkan pariwisata Lumajang

 

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Agar masyarakat siap ketika gunung Semeru meletus

Komentar