Intinya kita mengharapkan agar PT PEMA mendukung usulan yang dilakukan itu di wilayah pantai barat selatan Aceh, sebagai sebuah kawasan pengembangan ekonomi baru
Banda Aceh (ANTARA) - Tim satgas atau Task Force Surin Industrial Smart City (SISC) meminta dukungan PT Pembangunan Aceh (PEMA) dalam mendorong pemerintah Aceh agar menjadikan teluk Surin di kabupaten Aceh Barat Daya sebagai kawasan ekonomi khusus (KEK).

“Intinya kita mengharapkan agar PT PEMA mendukung usulan yang dilakukan itu di wilayah pantai barat selatan Aceh, sebagai sebuah kawasan pengembangan ekonomi baru,” kata Ketua Task Force SISC, Miswar Fuady, Jumat.

Kehadiran tim SISC dan Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (ISMI) Aceh disambut langsung oleh direktur PT PEMA Zubir Sahim. Dalam pertemuan, Miswar secara khusus memaparkan rencana bisnis untuk mempercepat dan mendorong kawasan ekonomi khusus Surin sebagai pusat ekonomi baru di wilayah barat selatan Aceh.

“Kita mendorong percepatan industri baru ini untuk meningkatkan kesejahteraan dan pemberdayaan ekonomi bagi masyarakat di wilayah pantai barat selatan Aceh,” kata Miswar.

Sementara itu, Zubir mengatakan pihaknya mendukung penuh permohonan keterlibatan perusahaan milik pemerintah Aceh ini untuk mendukung pengusulan KEK Surin bagi kebutuhan rencana bisinis baru di wilayah tersebut.

Apalagi, katanya, dalam waktu dekat ada salah satu perusahaan di wilayah barat selatan Aceh tersebut yang akan memulai ekspor perdana crude palm oil (CPO) secara langsung ke India sebagai target pasar utama.

“Kita mendukung penuh upaya yang sedang digagas pemerintah Aceh Barat Daya dalam mendorong KEK Surin ini. Kita akan ikut serta mempercepat proses yang sedang dilakukan termasuk mendukung konsorsium untuk mendirikan PT Surin Industrial Smart City (SISC),” katanya.

Zubir juga mendorong agar adanya komitmen dari kepala daerah dan interkoneksi lintas wilayah dalam mendukung konsep ekonomi yang berkesinambungan.

“Bukan saling bersaing antar wilayah karena itu tidak akan memberikan dampak yang baik, tetapi jika saling terintegrasi pengusaha dan pemerintah maka akan melahirkan konsep ekonomi yang baik bagi Aceh,” katanya.

Selain itu, Zubir juga mengingatkan agar pemerintah daerah segera menyiapkan konsep kerja sama antara PT PEMA dengan badan usaha milik daerah (BUMD) di kabupaten sehingga akan melahirkan interkoneksi kerjasama rencana industri antara pemerintah provinsi dan kabupaten.

“Dengan hubungan kerja sama seperti itu maka semakin menguatkan integrasi antara pemerintah Aceh dengan pemerintah daerah dalam mempercepat peningkatan ekonomi di Aceh,” katanya.

Baca juga: Bupati sebut Aceh Barat Daya layak jadi Kawasan Ekonomi Khusus

Baca juga: Kementan: iklim dan topografi di Aceh cocok pengembangan sapi lokal


 

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019