Dua kali gempa guncang Raja Ampat

Dua kali gempa guncang Raja Ampat

Tangkapan layar pusat gempa di Raja Ampat, Papua Barat (bmkg.go.id)

Kami merasakan guncangan kedua saja, guncangan pertama kami tidak merasakan. Guncangan cukup lama dan banyak masyarakat keluar dari rumah
Sorong (ANTARA) - Gempa bumi dua kali mengguncang kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, Sabtu, membuat panik masyarakat setempat.

Data yang diperoleh dari Stasiun Geofisika BMKG Sorong menyebutkan, telah terjadi dua kali gempa di Raja Ampat dengan guncangan terbesar berkekuatan 5.4 skala Richter pada pukul 06.14 WIT.

Pusat gempa pada koordinat 0.7 lintang selatan dan 130.50 bujur timur yang berjarak 18 km Barat Laut Raja Ampat dengan kedalaman 10 km. Gempa dirasakan di Raja Ampat II-III MMI, di Sorong I-II MMI.

Sebelumnya, gempa bumi berkekuatan 3.3 skala Richter juga terjadi pada pukul 00.55 WIT pada koordinat 0.38 lintang selatan dan 130.34 bujur timur yang berjarak 51 km Barat Laut Raja Ampat dengan kedalaman 10 Km.

Menurut Ody Warga Warga Waisai, ibukota kabupaten Raja Ampat, hanya guncangan kedua berkekuatan 5.4 yang dirasakan masyarakat setempat.

"Kami merasakan guncangan kedua saja, guncangan pertama kami tidak merasakan. Guncangan cukup lama dan banyak masyarakat keluar dari rumah," ujarnya.
 

Pewarta: Ernes Broning Kakisina
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pemerintah perpanjang masa transisi darurat pascagempa NTB

Komentar