counter

Partai oposisi Venezuela dukung Guaido sebagai ketua Kongres 2020

Partai oposisi Venezuela dukung Guaido sebagai ketua Kongres 2020

Pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido, yang oleh banyak negara diakui sebagai kepala negara sah, mengikuti reli saat kunjungannya di Maracaibo, Venezuela, Sabtu (13/4/2019). ANTARA FOTO/REUTERS/Ueslei Marcelino/djo/foc

Karakas (ANTARA) - Anggota parlemen Venezuela dari partai kecil kubu oposisi, Jumat, mengatakan Juan Guaido harus terus menjadi ketua kongres pada 2020, melepaskan opsi mereka untuk memimpin legislatif di bawah kesepakatan informal tentang pergantian kepemimpinan antar partai.

Pengumuman tersebut mengakhiri spekulasi soal keretakan di kubu oposisi atas masa legislatif 2020, yang menurut kesepakatan 2016 dalam oposisi akan jatuh kepada kelompok 17 partai kecil.

Guaido pada Januari menyatakan Presiden Nicolas Maduro sebagai perampas kekuasaan. Guaido juga mengajukan diri untuk mengisi kursi kepresidenan sementara yang diakui lebih dari 50 negara, dan oposisi berkeinginan ia tetap berada di jabatan tersebut.

"Kepentingan nasional menjadi prioritas," kata Carlos Berrizbeitia, anggota dewan dari partai kecil Venezuela Project kepada Reuters. "Sampai perampasan berakhir, presiden Majelis Nasional Juan Guaido."

Berdasarkan konstitusi Venezuela bahwa selama kursi kepresidenan tak bertuan, maka kepresidenan jatuh ke ketua Majelis Nasional hingga pemilihan baru digelar.

Maduro menyebut Guaido sebagai boneka AS, yang berupaya menendangnya dari kekuasaan melalui kudeta dan menyarankan agar dia ditangkap dengan alasan pengkhianatan.

Sumber: Reuters
Baca juga: Ketua oposisi Venezuela dukung penggunaan satelit lacak gerilyawan
Baca juga: Oposisi Venezuela lanjutkan pembicaraan dengan pemerintah 
Baca juga: Pemerintah, oposisi Venezuela gagal capai kesepakatan di Oslo

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Maria D Andriana
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Megawati sindir pejabat pemakan uang rakyat

Komentar