Jakarta (ANTARA) - Salah satu platform streaming video terbesar di dunia, YouTube, memberikan penghargaan terbarunya, "Red Diamond Creator Award", bagi pembuat konten atau "YouTuber" yang menembus angka 100 juta pelanggan (subscribers).

“Rekor pelanggan 100 juta telah dilampaui, dan itu berarti kami memiliki penghargaan baru bagi para kreator! Memperkenalkan: Red Diamond Creator Award, dinamai berdasarkan salah satu warna berlian yang paling langka,” demikian unggahan YouTube dalam akun Twitter resminya, Sabtu.

Dikutip dari unggahan YouTube itu, kanal pertama yang berhasil mendapatkan penghargaan itu adalah kanal kategori musik India, T-Series dengan 111 juta pelanggan.

Sedangkan YouTuber kedua yang mendapatkan Play Button itu adalah pemain gim digital asal Swedia, PewDiePie dengan 100,9 juta pelanggan yang mengikutinya. YouTube sedang membuatkan tombol khusus Play Button bagi kedua kanal YouTube itu.

Baca juga: YouTube dorong kreator lokal dari luar Jakarta

YouTube menyampaikan pembuatan Red Play Button bagi kreator yang bisa menembus angka 100 juta pelanggan itu dibuat di Miami, Florida, Amerika Serikat.

Sebelumnya, YouTube telah mengeluarkan empat play button sebagai penghargaan yang menandai capaian jumlah pelanggan para pembuat konten pada platform-nya.

Pertama, Silver Play Button untuk 100 ribu pelanggan. Lalu, ada Golden Play Button untuk kanal yang berhasil menembus 1 juta pelanggan.

Berikutya Diamond Play Button untuk kreatornya dengan angka 10 juta pelanggan. Lantas Ruby Play Button sebagai penanda pencapaian 50 juta pelanggan.

Baca juga: Alasan Youtube penuhi feed berkonten anak-anak
 

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2019