Kalimantan Timur hanya dikunjungi 4.339 wisman pada Januari-Juli 2019

Kalimantan Timur hanya dikunjungi 4.339 wisman pada Januari-Juli 2019

Ilustrasi: Beberapa penari menampilkan Tari Enggang yaitu tarian yang melambangkan keagungan burung enggang, pada Festival Kemilau Kalimantan Timur (ANTARA FOTO/Juli Pardiansyah/Koz/mes/aa).

jumlah wisman pada Juli 2019 jika dibandingkan dengan bulan yang sama tahun 2018 mengalami penurunan
Samarinda (ANTARA) - Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mendapat kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sebanyak 4.339 orang dalam periode Januari 2018 hingga Juli 2019, dengan tingkat kunjungan terbanyak terjadi pada April 2019 yang mencapai 349 orang.

"Kunjungan terbanyak kedua terjadi pada Oktober 2018 dengan jumlah 340 wisman, ketiga terjadi pada Juli 2018 yang tercatat ada 318 wisman," kata Kepala Bidang Statistik Distribusi Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kaltim Wembri Suska di Samarinda, Sabtu.

Mereka yang datang ke Kalimantan Timur tersebut berasal dari berbagai negara di belahan dunia, antara lain dari India, Singapura, Australia, Prancis, dan Malaysia dengan destinasi wisata yang berbeda, karena masing-masing pengunjung tentu memiliki selera tidak sama terkait jenis wisata yang diminati.

Sejumlah kabupaten/kota di Kalimantan Timur memang memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi, seperti Kepulauan Derawan di Kabupaten Berau yang memiliki alam eksotik baik bawah laut maupun jajaran kepulauannya. Di kawasan ini, pengunjung bisa snorkling melihat ke dasar laut, bisa juga langsung menyelam ke laut dalam.

Kalimantan Timur juga memiliki wisata budaya dan pedalaman hutan dengan paduan pegunungan, air terjun, maupun jeram seperti yang ada di Kabupaten Mahakam Ulu, Kutai Barat, maupun Kutai Kartanegara, dan sejumlah objek wisata lainnya.

Ia melanjutkan, khusus pada Juli 2019, jumlah wisman yang berkunjung ke Kalimantan Timur tercatat sebanyak 300 kunjungan, terjadi kenaikan 38 kunjungan ketimbang bulan sebelumnya yang berjumlah 262 wisman.

"Sementara itu, jumlah wisman pada Juli 2019 jika dibandingkan dengan bulan yang sama tahun 2018 mengalami penurunan, yakni terjadi penurunan mencapai 18 kunjungan," ucap Wembri.

Dilihat berdasarkan asal negara wisman yang berkunjung ke Kalimantan Timur, lanjutnya, maka pada Juli 2019 terbanyak wisman asal tiga negara, yakni Singapura, Australia, dan India.

Ketiga negara tersebut peranannya mencapai 29,67 persen terhadap total kunjungan pada Juli 2019 ke Kalimantan Timur yang tercatat 300 orang, sedangkan selebihnya yang sebanyak 70,33 persen merupakan wisman dari berbagai negara yang tersebar dari semua benua.

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kemenpar kejar target 18 juta wisman di 2019

Komentar