Seorang jemaah haji asal Deli Serdang masih dirawat di Mekkah

Seorang jemaah haji asal Deli Serdang masih dirawat di Mekkah

Rombongan haji Kelompok Terbang 14 Debarkasi Medan, Provinsi Sumatera Utara tiba di Asrama Haji Medan. (Antara Sumut/Foto Munawar)

Saat ini jemaah haji tersebut, masih dirawat intensif di RS,
Medan (ANTARA) - Seorang jemaah haji atas nama Jarwani Mat Kabari bin Ambari (88) asal Kabupaten Deli Serdang yang tergabung pada Kelompok Terbang (Kloter) 14 Debarkasi Medan, Provinsi Sumatera Utara tertunda kepulangannya ke tanah air karena masih dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) akibat sakit.

Kepala Bidang Penerimaan dan Pemberangkatan Haji (PPIH) Embarkasi Medan, H Farhan Indra saat dikonfirmasi, di Medan, Sabtu, membenarkan jemaah haji itu masih berada di Arab Saudi.

Menurut dia, jika tim medis RSAS telah mengizinkan Jarwani boleh pulang ke Indonesia, maka segera dibawa ke Tanah Air.

"Saat ini jemaah haji tersebut, masih dirawat intensif di RS," ujar Farhan.

Ia mengatakan, Haji Jarwani dari Kloter 16 Debarkasi Medan yang mutasi ke Kloter 14 Debarkasi Medan.

Sebelumnya, sebanyak enam orang haji asal Kota Medan yang tergabung pada Koter 14 Debarkasi Medan mutasi ke kloter yang lain.

Data yang diperoleh dari PPIH Debarkasi Medan, keenan haji Kloter 14 Debarkasi Medan yang mutasi atas nama Muhammad Ridha Haykal Amal Bin Amaluddin (46) telah kembali pada Kloter 2 asal Kota Medan, Siti Zahara Nasution Binti Muhammad Yusuf Nasution (47) telah kembali pada Kloter 2 asal Kota Medan.

Kemudian, Aripay Sanusi Tambunan Bin Sanusi Tambunan (51) telah kembali pada Kloter 4 asal Kota Medan, Saidi Alamsyah Arifin Bin Muhammad Arifin Tanjung (58) telah kembali pada Kloter 4 asal Kota Medan, Masnilam Rejo Harahap Binti Zulkarnain Malik (61) asal Kota Medan, dan Derna Iskandar Nasution Binti R Iskandar (79) telah kembali pada Kloter 6 Medan.

Sementara itu, sebanyak 386 orang haji yang tergabung pada kloter 14 Debarkasi Medan tiba di Asrama Haji Medan, Jumat malam (6/9) sekitar pukul 22.00 WIB.

Dari jumlah 386 orang haji Kloter 14 Debarkasi Medan itu terdiri atas 146 pria dan 240 wanita. Dari jumlah jamaah haji tersebut, yakni 365 orang dari Kota Medan, 2 orang dari Kota Sibolga, dan 10 orang dari Kabupaten Deli Serdang.

Pimpinan Kloter 14 Debarkasi Medan atas Ali Sahra Hutapea Bin Ali Atim Hutapea.

Jumlah jamaah haji Sumut yang berangkat ke Tanah Suci pada musim haji 2019 tercatat sebanyak 8.641 orang dengan 22 kloter Embarkasi 1 Medan.

Namun yang berangkat ke Mekkah 8.525 jamaah haji (98,60 persen).Tidak jadi berangkat 116 jamaah (1,34 persen) karena sakit, meninggal dunia sebelum masuk Asrama Haji Medan dan ditunda keberangkatan ke Mekkah.

 

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kominfo Sumut ingatkan agar hati-hati sebar berita

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar