counter

Kualifikasi Piala Eropa 2020

Prancis jaga posisi puncak Grup H dengan tundukkan Albania

Prancis jaga posisi puncak Grup H dengan tundukkan Albania

Penyerang sayap tim nasional Prancis, Kingsley Coman (kiri), merayakan golnya ke gawang Albania bersama rekannya Olivier Giroud dalam lanjutan kualifikasi Piala Eropa 2020 Grup H di Stadion Stade de France, Paris, Prancis, Sabtu (7/9/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/Christian Hartmann)

Jakarta (ANTARA) - Prancis menjaga posisi mereka di puncak klasemen Grup H kualifikasi Piala Eropa 2020 dengan menundukkan Albania 4-1 dalam laga pekan kelima di Stade de France, Paris, Sabtu setempat (Minggu WIB).

Kemenangan itu membuat sang juara dunia tetap bertengger di puncak klasemen dengan koleksi 12 poin, kendati raihannya juga sama dengan Turki dan Islandia yang masing-masing berada di posisi kedua dan ketiga.

Pasalnya tim besutan Didier Deschamps itu punya keunggulan surplus 12 gol dibandingkan Turki yang surplus delapan gol dan Islandia surplus tiga gol, demikian catatan laman resmi UEFA.

Baca juga: Pogba cedera, Guendouzi penggantinya

Kemenangan Prancis atas Albania disokong dwigol Kingsley Coman ditambah Olivier Giroud serta dilengkapi gol debut Jonathan Ikone untuk Les Blues. Hasil mereka hampir sempurna jika saja tim tamu tak memperoleh penalti pada pengujung laga, yang sukses dieksekusi Sokol Cikalleshi.

Prancis, tampil mendominasi penuh jalannya pertandingan, hanya butuh delapan menit untuk membuka keunggulan ketika Coman menerima umpan kiriman Raphael Varane, mengendalikan sejenak dan melepaskan penyelesaian yang bersarang ke tiang dekat.

Keunggulan Prancis digandakan oleh Giroud yang dengan mudah menyelesaikan umpan matang kiriman Lucas Hernandez di muka gawang pada menit ke-27.

Prancis berpeluang memperbesar keunggulan pada menit ke-36 setelah Hernandez dijatuhkan Mergim Mavraj di dalam area terlarang, namun Antoine Griezmann yang menjadi algojo mendapati eksekusinya ditolak mistar gawang.

Tuan rumah terus menekan pada babak kedua namun peluang Griezmann kembali gagal setelah tembakannya dihalau kaki kiper Thomas Strakosha pada menit ke-56.

Coman akhirnya melengkapi raihan dwigolnya pada menit ke-68 dengan menyelesaikan umpan kiriman Griezmann demi menambah keunggulan Prancis atas Albania menjadi 3-0.

Ikone yang masuk menggantikan Coman pada menit ke-77, menandai debutnya bersama Prancis dengan sebuah gol pada menit ke-85 usai menyelesaikan kerja sama satu dua sentuhan bersama Nabil Fekir.

Sayangnya, kemenangan Prancis "dinodai" pelanggaran kiper Hugo Lloris yang menjegal Cikalleshi sehingga wasit menunjuk titik putih untuk Albania. Penggawa Tottenham Hotspur itu juga gagal menjangkau eksekusi penalti Cikalleshi yang memaksa pertandingan berakhir dengan skor 4-1 untuk Prancis.

Sementara itu dalam pertandingan lain yang berlangsung hampir bersamaan di Vodafone Park, Istanbul, tuan rumah Turki berhasil memetik kemenangan tipis 1-0 atas Andorra.

Kemenangan Turki diraih secara dramatis lewat gol tandukan Ozan Tufan menyambut sepak pojok Yusuf Yazici hanya semenit sebelum waktu normal berakhir.

Sedangkan di Laugardalsvollur, Islandia menang telak atas tamunya Moldova dengan skor 3-0.

Kolbein Sigthorsson, Birkir Bjanason dan Jan Dadi Bodvarsson masing-masing mencetak satu gol untuk mempersembahkan kemenangan keempat Islandia itu.

Baca juga: Portugal akhirnya bukukan kemenangan perdana

Baca juga:
Trigol Kane bantu Inggris lumat Bulgaria

Berikut hasil pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2020 Grup H pekan kelima (tuan rumah disebut pertama):

Islandia 3 - Moldova 0 (Kolbein Sigthorsson 31', Birkir Bjarnason 55', Jon Dadi Bodvarsson 77')
Turki 1 - Andorra 0 (Ozan Tufan 89')
Prancis 4 - Albania 1 (Kingsley Coman 8', 68', Olivier Giroud 27', Jonathan Ikone 85'; Sokol Cikalleshi p-90')

Klasemen Grup H
  Tim M M I K Gol P
1 Prancis 5 4 0 1 16-4 12
2 Turki 5 4 0 1 10-2 12
3 Islandia 5 4 0 1 8-5 12
4 Albania 5 2 0 3 6-7 6
5 Moldova 5 1 0 4 2-13 3
6 Andorra 5 0 0 5 0-11 0

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar