masih ada 2.719 haji debarkasi Aceh sedang menunggu jadwal penerbangan
Banda Aceh (ANTARA) - Sebanyak 388  haji kelompok terbang (kloter) 5 Debarkasi Aceh mendarat dengan selamat di daerah berjulukan serambi mekkah ini, sehingga tercatat sudah lima kloter berisi jamaah haji Aceh kembali ke Tanah Air.

Jamaah tersebut berasal dari kabupaten Aceh Barat, Aceh Barat Daya, Aceh Singkil, dan Aceh Besar, yang tiba melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM), Aceh Besar, Minggu, pukul 00.14 WIB.

"Alhamdulillah, sebanyak 388 haji kloter 5 telah tiba di Aceh, meski sedikit bergeser dari jadwal yang direncanakan," kata Kepala Kantor Wilayah Kemenag Aceh, Daud Pakeh di Banda Aceh, Minggu.

Dia menjelaskan, setelah mendarat di Bandara SIM, jamaah selanjutnya mengikuti upacara pelepasan, pengembalian paspor, pengambilan koper dan air zamzam di asrama haji Aceh, lalu kembali ke daerah masing masing.

Baca juga: Dua haji Kloter 4 Aceh jalani perawatan setibanya di asrama haji


Lebih lanjut, Ketua PPIH Debarkasi Aceh ini juga menyebutkan jamaah kloter 5 yang kembali ke Aceh dengan rincian 150 jamaah laki laki dan 238 jamaah perempuan.

"Ada dua jamaah wafat di Arab Saudi, dan ada satu jamaah dari kloter 10 yang pulang bersama kloter 5 yaitu Abdurrahman bin Muhammad Yusuf, dari Lhokseumawe," katanya.

Hingga saat ini, katanya, sebanyak 1.947 haji Aceh telah kembali dengan selamat ke daerah Tanah Rencong ini yang terbagi dalam lima kloter.

Namun masih ada sebanyak 2.719  haji debarkasi Aceh sedang menunggu jadwal penerbangan di Arab Saudi.

"Selanjutnya dijadwalkan kloter 6 akan mendarat besok Senin (9/9) di Bandara SIM," katanya.


Baca juga: Pemberangkatan Haji 2019 sudah tuntas di Embarkasi Aceh

 

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019