Pasar didukung oleh sinyal positif terbaru dari Federal Reserve AS (The Fed) dan penurunan jumlah rig pengeboran minyak aktif AS, serta data ekonomi positif di China.
Houston (ANTARA) - Harga minyak naik untuk pekan yang berakhir 6 September karena kekhawatiran pasar tentang potensi volatilitas keuangan mereda oleh beberapa berita positif, dengan harga West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Oktober naik 2,58 persen dan minyak mentah Brent untuk pengiriman November naik 1,84 persen.

WTI menutup minggu di 56,52 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange, sementara minyak mentah Brent mengakhiri minggu ini di 61,54 dolar per barel di London ICE Futures Exchange.

Harga minyak mentah WTI dan Brent telah meningkat masing-masing 24,47 persen dan 14,39 persen, sepanjang tahun ini, turun dari level puncaknya pada April ketika pertumbuhan WTI mencapai lebih dari 40 persen, dan minyak mentah Brent lebih dari 30 persen.

Selama minggu ini, minyak mentah WTI dan Brent bergerak ke arah yang sama. Harga minyak terus dibatasi oleh kekhawatiran atas perlambatan pertumbuhan ekonomi global, pesimisme yang didorong oleh kontraksi mengejutkan dalam manufaktur Amerika pada Agustus dan ketidakpastian perdagangan global.

Sementara itu, pasar didukung oleh sinyal positif terbaru dari Federal Reserve AS (The Fed) dan penurunan jumlah rig pengeboran minyak aktif AS, serta data ekonomi positif di China.

Harga minyak dibuka pada Selasa (3/9/2019) setelah liburan Hari Buruh pada Senin (2/9/2019). Harga turun setelah data terbaru menunjukkan bahwa sektor manufaktur AS melemah pada Agustus di tengah kepercayaan bisnis yang menurun, memicu kekhawatiran terhadap AS dan pertumbuhan ekonomi global.

WTI turun 1,16 dolar AS menjadi menetap pada 53,94 dolar AS per barel, sementara minyak mentah Brent turun 0,4 dolar AS menjadi ditutup pada 58,26 dolar AS per barel.

Harga minyak melonjak pada Rabu (4/9/2019), karena kekhawatiran kelebihan pasokan investor dalam waktu lama berkurang dengan penurunan berkelanjutan dalam persediaan minyak mentah AS serta kinerja yang kuat di sektor jasa China.

Untuk pekan yang berakhir 30 Agustus, persediaan minyak mentah komersial AS turun tajam 4,771 juta barel dari minggu sebelumnya, lebih besar dari yang diperkirakan 2,488 juta barel, menyiratkan permintaan yang lebih besar dan bullish untuk harga minyak mentah.

WTI naik 2,32 dolar AS menjadi menetap pada 56,26 dolar AS per barel, sementara minyak mentah Brent naik 2,44 dolar AS menjadi ditutup pada 60,70 dolar AS per barel. Saham sektor energi melonjak hampir 1,4 persen pada penutupan pasar, di antara yang berkinerja terbaik dari 11 sektor utama S&P 500, semuanya dipicu kenaikan harga minyak pada Rabu (4/9/2019).

Kenaikan harga minyak berlanjut dalam dua hari berikutnya di tengah beberapa berita bullish, termasuk sinyal positif terbaru dari The Fed, penurunan berturut-turut dalam jumlah rig minyak AS, dan data positif pada sektor jasa China pada Agustus.

Ketua Fed Jerome Powell mengatakan Jumat (6/9/2019) bahwa bank sentral AS akan terus bertindak "sewajarnya" untuk mempertahankan ekspansi ekonomi AS, yang memicu harapan untuk penurunan suku bunga lebih lanjut. Sementara itu, indeks PMI Jasa-jasa Umum Caixin China, sebuah survei swasta menunjukkan bahwa pertumbuhan aktivitas bisnis gabungan China meningkat ke level tertinggi empat bulan pada Agustus dan total peningkatan lapangan kerja untuk pertama kalinya sejak April, berkat kinerja yang kuat di sektor jasa.

Harga minyak naik tipis pada Kamis (5/9/2019) dan Jumat (6/9/2019). WTI berturut-turut naik 0,04 dolar AS dan 0,22 dolar AS menjadi menetap pada 56,30 dolar AS dan 56,52 dolar AS per barel, sementara minyak mentah Brent naik 0,25 dolar AS dan 0,59 dolar AS menjadi ditutup pada 60,95 dolar AS dan 61,54 dolar AS per barel.

Momentum melambat

Harga minyak terus mendapatkan momentum sejak awal tahun karena beberapa kekhawatiran geopolitik dan keputusan OPEC untuk mengurangi produksi. Momentum telah melambat, terutama karena kekhawatiran atas penurunan permintaan minyak mentah.

Perlambatan ekonomi global terus menjadi headwinds utama untuk minyak mentah. Pertumbuhan ekonomi dunia yang lebih lambat akan menyebabkan berkurangnya permintaan minyak, yang pada gilirannya akan menekan harga minyak.

Selain itu, kenaikan dolar AS dalam beberapa bulan terakhir telah menyeret minyak mentah berjangka berdenominasi greenback, karena Indeks dolar AS telah terus naik sejak pertengahan 2018.

Selama pekan yang berakhir 6 September, indeks dolar AS berakhir lebih rendah, tetapi masih di atas level 98, berkat komentar positif dari ketua Fed Powell. Pada minggu sebelumnya, indeks menembus di atas tertinggi 2019 karena pasar diperdagangkan di level tertinggi sejak Mei 2017.

Minyak sebagian besar diperdagangkan dalam dolar AS di seluruh dunia dan dolar AS yang lebih kuat menekan permintaan minyak.

Dalam waktu dekat, pasar akan mengamati dengan seksama perkembangan sengketa perdagangan antara China dan Amerika Serikat. Kedua belah pihak memutuskan untuk mengadakan lagi pembicaraan perdagangan pada Oktober. Harga minyak mengalami penurunan tajam pada awal Agustus, ketika sengketa perdagangan AS-China mengancam meningkat menjadi perang mata uang.

Sementara itu, menurut Rystad Energy, sebuah perusahaan riset energi dan intelijen bisnis independen, tiga faktor penting akan menentukan arah harga minyak tahun depan: tidak ada resesi global, pengurangan produksi OPEC yang berkelanjutan, dan pengaruh peraturan baru IMO (Organisasi Maritim Internasional) 2020

Mulai 1 Januari 2020, peraturan baru dari IMO akan menurunkan kandungan sulfur maksimum dari bahan bakar minyak laut yang digunakan dalam kapal yang bergerak di laut dari 3,5 persen menjadi 0,5 persen. Menurut Badan Informasi Energi AS (EIA), perubahan dalam spesifikasi bahan bakar diperkirakan akan menambah tekanan pada margin diesel dan harga minyak mentah pada akhir 2019 dan awal 2020.

"Pengenalan peraturan bahan bakar kapal yang lebih ketat - yang disebut efek IMO 2020 - akan menyebabkan efek positif bersih pada pertumbuhan permintaan minyak mentah tahun depan sekitar 1,0 juta barel per hari (barel per hari) untuk menyeimbangkan pasar minyak gas global," kata Bjornar Tonhaugen, kepala riset pasar minyak di Rystad Energy.
Baca juga: Harga minyak melonjak, di atas 61 dolar setelah pernyataan Ketua Fed

Baca juga: Perang dagang AS-Tiongkok pengaruhi harga minyak mentah Indonesia

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019