counter

UMSU juara dua olimpiade Fakultas Kedokteran Wilayah Sumatera

UMSU juara dua olimpiade Fakultas Kedokteran Wilayah Sumatera

UMSU berhasil meraih juara 2 olimpiade fakultas kedokteran yang diikuti 11  perguruan tinggi negeri dan swasta di wilayah Sumatera. (Antara Sumut/Ist)

Medan (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) berhasil meraih juara 2 olimpiade fakultas kedokteran yang diikuti 11 perguruan tinggi negeri dan swasta di wilayah Sumatera.

Rektor UMSU, Dr Agussani, MAP di Medan, Minggu, memberikan apresiasi kepada tim FK di ajang Regional Medical Olimpiade (RMO) yang digelar di Universitas Syiah Kuala karena telah membawa nama harum universitas.

"Selamat kepada tim olimpiade FK yang telah meraih prestasi membanggakan dan mengharumkan nama UMSU di tingkat regional Sumatera," katanya.

Regional Medical Olimpiade yang merupakan ajang tahunan bergengsi bagi fakultas kedokteran itu, tim FK UMSU berhasil mengumpulkan 2 medali emas dan satu perak.

Sementara FK USU yang menempati juara umum meraih 2 emas, satu perak dan satu perunggu.

Menurut rektor, prestasi yang diraih mahasiswa FK di ajang RMO menunjukkan program peningkatan kualitas akademik sebagai wujud perencanaan strategis universitas sudah berjalan dengan baik.

Hal itu sekaligus menjadi motivasi untuk pelaksanaan program selanjutnya.

"Prestasi yang diraih mahasiswa FK di ajang RMO maupun pada gelaran Pimnas yang berlangsung sebelumnya patut disyukuri, sekaligus menjadi motivasi agar ke depan bisa memberikan hasil lebih baik," katanya.

Ia mengatakan pihaknya terus berupaya mendorong mahasiswa untuk bisa mengikuti seluruh kegiatan kompetisi baik di tingkat regional, nasional dan internasional dengan dukungan fasilitas.

Pihak universitas juga menyediakan pendampingan dosen sehingga mahasiswa bisa lebih siap untuk maju mengikuti kompetisi.

Lebih lanjut, dijelaskan rektor, bahwa saat ini universitas dituntut untuk berkompetisi menghasilkan prestasi baik di bidang akademik dan kreatifitas mahasiswa.

Untuk itu UMSU memberikan dukungan penuh berupa penyediaan sarana dan prasarana serta pembinaan terhadap minat dan bakat mahasiswa secara berkelanjutan.

Rektor juga berpesan agar mahasiswa tidak merasa cepat puas dengan prestasi yang diraih. Sebaliknya lebih meningkatkan kemampuan sehingga ke depan bisa mendapatkan prestasi lebih di tingkat nasional dan internasional.

Sementara Wakil Dekan 3 FK UMSU, dr.Elman Boy, M.Kes, mengatakan, dalam ajang RMO yang berlangsung di Unsyiah, tim UMSU berhasil meraih dua medali emas masing-masing cabang Digestif atas nama, Nahdiana Rizqi Rahmaini dan Shofiyatuzzahra Rizqiputri serta cabang Muskuloskeletal , atas nama Azzuhra Permata Khaira dan Fathan Chandra Suhartono.

Untuk medali perak dihasilkan dari cabang Urogenital atas nama Reka Khairiawan Rezki dan Ikchan Malik Napitupulu.

"Kami sangat bersyukur dan berterima kasih atas dukungan universitas serta para dosen pembimbing dan pendamping yang telah bekerja keras dalam mempersiapkan tim sehingga mampu memberikan prestasi yang terbaik," katanya.

RMO sendiri diikuti oleh sebanyak 11 mahasiswa fakultas kedokteran dari universitas negeri dan swasta.

Bagi mahasiswa kedokteran ajang itu dianggap sangat bergengsi sehingga prestasi yang diraih terasa begitu membanggakan.

Baca juga: Peringkat pertama PTS terbaik di Sumut disabet UMSU
Baca juga: UMSU gandeng Pemprov Riau bentuk pusat kajian budaya Melayu
Baca juga: Mahasiswa UMSU luncurkan komik pendidikan karakter anak "zaman now"

Pewarta: Juraidi
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Observatorium UMSU undang warga Medan saksikan gerhana bulan

Komentar