counter

Laporan dari London

Mia Ismi bawakan lagu Sam Smith di London

Mia Ismi bawakan lagu Sam Smith di London

Penyanyi dan sekaligus pemain biola Indonesia Mia Ismi Halida tampil memukau saat membawakan lagu penyanyi Inggris Sam Smith “How do you sleep,” pada acara Indonesia Weekend yang digelar di lokasi di Potters Fileds Park, taman dengan latar belakang ikonik, The Tower Bridge, London selama dua hari Sabtu dan Minggu, London Minggu (8/9/2019). ANTARA/Zeynita Gibbons/aa.

London (ANTARA) - Penyanyi dan sekaligus pemain biola Indonesia Mia Ismi Halida tampil memukau saat membawakan lagu penyanyi Inggris Sam Smith “How Do You Sleep,” pada acara Indonesia Weekend yang digelar di lokasi di Potters Fileds Park, dengan latar belakang ikonik, The Tower Bridge, London selama  hari Sabtu dan Minggu.

“Untuk pertama saya tampil di acara Indonesian Weekend dan perjalanan perform ketiga saya di London. Selalu bahagia bermain untuk warga London yang sangat apresiatif terhadap para seniman yang tampil di khususnya di Indonesian Weekend," ujar Mia Ismi, yang pernah menjadi None Jakarta 2010, kepada Antara London, Minggu.

Dalam Indonesia Weekend yang digelar untuk keempat kali, Puteri Pariwisata 2011 itu juga tampil menyanyi bersama penyanyi Yuyun George melantunkan lagu Indonesia Pusaka berduet bersama saxophonist wanita Indonesia itu mendapat sambutan dan apresiasi tidak saja dari warga Indonesia yang tinggal di Inggris tetapi juga wisatawan mancanegara yang berkunjung ke London Bridge.

Baca juga: Kemegahan Kerajaan Sriwijaya di ajang London Fashion Week

Menurut Mia Ismi, ia sangat menikmati penampilan Minggu didukung cuaca yang sejuk, pemandangan Tower Bridge, ssound system yang bagus, dan penonton yang luar biasa semangat membuat semua persiapan terbayar.

Dalam balutan kebaya yang dipadukan dengan rok batik panjang dengan sanggul tampak angun selain melantunkan lagu Sam Smith,  ia juga membawakan beberapa nomor lagu tradisi, nasional dan internasional serta medley nusantara, chopin larung, Angin Mamiri.

Selain itu dalam acara Indonesia Weekend yang digelar bersama Kementerian Pariwisata dengan KBRI di London serta Komunitas Bangga Indonesia Mia Ismi juga melantunkan lagu karyanya sendiri berjudul "Batasan Dunia" dengan versi etnik serta "Obladi Oblada" yang membuat penonton berjoget bersama.

Acara Indonesia Weekend  itu yang dihadiri Dubes Indonesia di Inggris, Dr. Rizal Sukma bertujuan untuk memperkuat branding Indonesia di pasar Eropa Wonderful Indonesia. Sambutan positif datang dari masyarakat Inggris serta turis mancanegara yang melewati kawasan Sungai Thames ini sejak pertama kali diadakan pada 2016.

Mengusung konsep baru, tim Wonderful Indonesia melakukan beberapa kolaborasi pengisi acara. Hari ini Mia berkolaborasi dengan Ika Ikreasindo dalam angklung interaktif dan ditutup dengan kolaborasi Wonderful Indonesia Band yang terdiri dari Denny, Irfan, Dika Chasmala, dengan penyanyi Yuyun George serta DJ ita.

Baca juga: Paviliun Indonesia dipadati pengunjung pada London Coffee Festival

Suatu kebanggaan bisa ikut tampil dalam Indonesia Weekend di London untuk kedua kali apalagi antusias penonton cukup besar, ujar Yuyun George yang sudah mengharumkan nama Indonesia di berbagai belahan dunia dan bahkan juga sering tampil bersama dengan musisi dunia,

Dengan menikmati suguhan musik, tari dan kuliner khas Indonesia, Mia Ismi yang suka akan seni dan sempat menonton teater di West End London, The Book of Mormon" berharap semakin banyak warga Inggris yang berkunjung ke Indonesia.

Angklung

Sementara itu Ika dari Ikreasindo dengan angklung mengajak penonton memainkan alat musik tradisional Jawa Barat yang ternyata tidak sulit dan bahkan Ika bersama penonton mampu membawakan lagu Wonderful Indonesia dan juga lagu nya Josh Groban “You Raise Me Up,” dan lagu Rayuan Pulau Kelapa.

“Bangga rasanya bisa mengajak penonton bernyanyi dengan menggunakan alat musik anglung,” ujar Ika yang lebih dikenal dengan Ika Angklung.

Diakuinya kehadiran nya di kota London bukan yang pertama kali tapi ia tetap merasakan antusiasme masyarakat untuk memainkan alat musik dari Jawa Barat.

Indonesia Weekend juga dimeriahkan dengan penampilan tarian dari grup tari Melly Zamri, yang dikenal dengan Puteri Malam yang membawakan beberapa tarian seperti tari Tapuak Galam Buak Saayun, Randai, tari Topeng Betawi dan tari Persembahan dari Sumatera Barat selain itu juga tampil kelompok tari Sekar Jagat yang membawakan tari Bali serta kelompok musik band Maluku, Kabaresi.

Baca juga: Musik angklung makin dikenal London

Selain menampilkan budaya Indonesia yang beragam juga digelar bazar kuliner yang menjual Sate Windsor yang cukup dikenal di Inggris dan Baso Bola bola.

Selain terdapat saung yang menjual sate dan bakso juga tersedia gudeng Jogya dan mpek-mpek Palembang serta somai dari warung E Yunni yang diserbu pengunjung dan rela antri untuk dapat menikmati kuliner Indonesia.

Saung Sumatera Barat mempromosikan berbagai makanan asal Minang seperti rendang daging suwir dan rendang paru serta ikan bilis dan kerupuk kulit serta kerupuk balado juga mempromosikan pariwisata Sumatera Barat. Rombongan Sumatera Barat langsung dipimpin istri Gubernur Sumbar, Nevi Zuairina, selain menjual kuliner Sumbar dan kain batik khas Sumbar batik tanah liek juga membawa misi kesenian dan peragaan serta promosi kopi dari Jawa Barat.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Mohamad Anthoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Penerbangan Medan - London dukung wisata Danau Toba

Komentar