Jamaah haji dan keluarganya tidak perlu khawatir
Mekkah (ANTARA) - Sebanyak 460 petugas haji Daerah Kerja Mekkah rampung melaksanakan tugasnya dan kembali ke Tanah Air dalam dua gelombang melalui Bandara King Abdul Aziz Jeddah.

Kepala Daerah Kerja Mekkah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 2019 Subhan Cholid di Kota Mekkah, Minggu, melepas kepulangan sebagian petugas haji yang telah selesai bertugas.

“Hari ini pemulangan petugas haji Daker Mekkah selanjutnya kami langsung mempersiapkan penyelenggaraan haji tahun 2020. Jadi memang tidak ada jeda,” katanya.

Kepulangan 460 petugas haji tersebut dibagi dalam dua tahap, yang pertama 318 orang berangkat pada 8 September 2019 dengan tujuh bus ke Bandara King Abdul Aziz Jeddah, sedangkan sisanya yang 142 petugas dipulangkan dengan empat bus ke Bandara King Abdul Aziz Jeddah untuk diterbangkan dengan pesawat Garuda Indonesia ke Tanah Air.

Suasana haru menyelimuti kepulangan para petugas haji yang berangkat pada pagi hari ke Jeddah dari Kantor Urusan Haji Indonesia di Syisyah, Mekkah.

Baca juga: Jamaah haji kloter terakhir tinggalkan Kota Mekkah

Kebersamaan selama 62 hari dalam menjalankan tugas melayani, membina, dan melindungi jamaah haji telah usai sejak jamaah kloter terakhir diberangkatkan ke Madinah.

Tidak sedikit dari para petugas menangis haru karena harus mengakhiri kebersamaan selama bertugas, baik di Kantor Daker maupun 11 sektor, untuk melayani jamaah haji.

Bahkan, rasa sedih juga meliputi ketika para petugas harus berpisah dengan rekan-rekan petugas yang merupakan mukimin atau tenaga musiman di Mekkah.

“Dengan kepulangan para petugas haji Daker Mekkah maka operasional pelayanan haji di Kota Mekkah telah selesai,” kata Subhan.

Namun, ia memastikan bagi anggota jamaah haji yang sakit dan masih harus dirawat di rumah sakit Arab Saudi akan terus dilayani dan jika telah pulih akan diantar kembali ke Tanah Air.

“Jamaah haji dan keluarganya tidak perlu khawatir,” katanya.

Petugas haji dari Daker Madinah dan Daker Bandara baru akan mengakhiri masa tugasnya pada 17 September 2019 ketika seluruh anggota jamaah haji Indonesia telah meninggalkan Madinah dan kembali ke Tanah Air.

Baca juga: Operasional petugas haji daerah kerja Mekkah segera berakhir
Baca juga: Jamaah haji kloter terakhir tinggalkan Kota Mekkah


 

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2019