Banjarmasin (ANTARA) - Ribuan warga Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan menyaksikan puncak peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-36 pada 2019 yang digelar di objek wisata Siring Sungai Martapura Banjarmasin di jalan Piere Tendean, Minggu malam.

Gelar acara yang mengambil panggung apung di bantaran Sungai Martapura itu terasa sangat meriah, karena dihadiri artis dari ibukota, di antaranya Iis Dahlia dan Dona Agnesia.

Baca juga: Ribuan karateka pecahkan rekor MURI di Banjarmasin

Masyarakat Banjarmasin pun berbondong-bondong hadir di acara akbar yang bersejarah bagi kota tersebut, hingga memadati sepanjang siring sungai, yakni, Siring di Jalan Sudirman dan Jalan Piere Tendean.

Salah seorang penonton, Linda yang merupakan warga Banjarmasin mengaku sangat senang bisa menyaksikan acara ini, meski harus berdesakan untuk menonton.

"Sangat penuh penontonnya, seberang menyeberang siring, kita harus berdesak- desakan untuk lihat," ujarnya.

Sementara itu, Abdul Muis salah seorang penonton pula dari Kota Banjarmasin mengaku tergugah untuk rajin berolahraga karena adanya acara Haornas diselenggarakan di kotanya.

Baca juga: Gowes Nusantara tuntas di Banjarmasin

"Karena adanya acara ini, gelora olahraga dalam diri saya mulai kencang lagi, saya suka main bulu tangkis," tuturnya.

Dia berharap, olahraga nasional terus bisa maju.

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi yang membuka Haornas 2019 ini pun sempat memuji Kalsel dalam penyelenggaraan acara ini di Kota Banjarmasin.

"Ini luar biasa acara di pinggir sungai, mantap," ujarnya saat memberi sambutan.

Pelaksanaan Haornas 2019 di Kalsel penuh kejutan, selain acara malam ini dibuat fantastis, pada siang sebelumnya dibuat pemecahan rekor MURI dengan atraksi olahraga karate dengan jumlah peserta lebih 5.000 orang.

Dia berharap, dari gairah olahraga pada Haornas di Kalsel ini, prestasi olahraga nasional terus meningkat, dan terus dapat mengharumkan nama bangsa di dunia internasional.

Baca juga: Pameran Gebyar Haornas 2019 padukan unsur olahraga dan wisata
Baca juga: Timnas esport optimistis capai target di SEA Games 2019
Baca juga: Dilema dunia olah raga di tengah perkembangan esport

Pewarta: Sukarli
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019