counter

US Open 2019

Rafael Nadal vs Daniil Medvedev jelang final US Open

Rafael Nadal vs Daniil Medvedev jelang final US Open

Daniil Medvedev saat mengalahkan Grigor Dimitrov dari Bulgaria pada semifinal US Open, Sabtu (7/9/2019). ANTARA/REUTERS-USA TODAY Sports/Danielle Parhizkaran/aa.

Jakarta (ANTARA) - Final nomor tunggal putra pun diwarnai dengan sesuatu yang tidak biasa. Peraih gelar Grand Slam 18 kali akan berhadapan dengan petenis yang tidak pernah menjuarai turnamen sekelas Grand Slam sama sekali yakni Daniil Medvedev.

Medvedev dan Nadal pernah berduel sebelumnya di final Rogers Cup bulan lalu. Nadal tampil lebih mengagumkan daripada Medvedev dan keluar sebagai pemenang dalam pertandingan dua set langsung dengan skor akhir 6-3, 6-0.

Medvedev tampaknya menjadi salah satu pemain yang merepotkan lawan-lawanya karena inkonsistensi permainan serta pukulan backhand yang terlalu rendah. Sangat jauh berbeda dengan Nadal yang selalu mantap layaknya mesin pelontar bola otomatis dengan pukulan forehandnya di area baseline.

Medvedev sudah bermain jauh lebih baik daripada sebelumnya. Dia memimpin tur dengan kemenangannya atas Djokovic pada ATP Master 1000 Cincinnati 2019.

Namun mungkinkah dia mengalahkan seorang Nadal dengan capaiannya itu? Terlalu sulit, namun akan selalu ada kemungkinan.

Meskipun merepotkan, tapi Nadal tampaknya tidak masalah dengan gaya permainan Medvedev. Apalagi, dalam turnamen AS Terbuka tahun ini, Nadal lebih banyak mengonversi servisnya menjadi poin daripada Medvedev.

Pukulan favorit Medvedev adalah pukulan backhand di area crosscourt, sementara Nadal senang memberikan pukulan forehand.

Perjalanan Medvedev bukanlah sebuah kebetulan. Dia petenis 5 besar yang bisa mengalahkan siapa saja lawannya sekalipun dia pemain top dunia. Yang pasti dia dapat memenangi Grand Slam di kemudian hari. Namun jangan lupa, Nadal sudah memenangkannya sejak lama.

Baca juga: Marat Safin yakin Medvedev berpeluang gulingkan Nadal di final US Open

Baca juga: Lima angka penting dalam final putri US Open


Berikut biodata kedua pemain.

Biodata
Nama: Rafael Nadal
Umur: 33 tahun
Tepat tinggal: Manacor, Spanyol
Tinggi: 185 cm
Berat: 85 kg
Tangan terkuat: kiri
Turun menjadi pro: 2000
Jumlah kemenangan dalam satu musim: 41 (tunggal)
Hadiah per musim: 2.836.500 AS dolar

Biodata
Nama: Daniil Medvedev
Umur: 23 tahun
Tempat tinggal: Antibes, Prancis
Tinggi: 198 cm
Berat: 80 kg
Tangan terkuat: kanan
Turun menjadi pro: 2014
Jumlah kemenangan dalam satu musim: 44 (tunggal)
Hadiah per musim: 125.045 AS dolar

Penerjemah: Shofi Ayudiana
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Aa Gym imbau jaga keberkahan Ramadhan dari soal politik

Komentar