Komoditas perkebunan dan perikanan Babel bidik pasar Eropa Timur

Komoditas perkebunan dan perikanan Babel bidik pasar Eropa Timur

Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah. (Babel.antaranews.com/Aprionis)

Pangkalpinang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membidik pasar ekspor ke negara-negara di Eropa Timur untuk komoditas perkebunan dan perikanan seperti lada putih, gaharu dan udang vaname.

"Potensi perdagangan lada putih, gaharu dan udang di pasar Eropa Timur berpeluang besar," kata Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan saat ini negara – negara di Eropa Timur merupakan pangsa pasar ekspor potensial untuk produk khas Bangka Belitung, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan para petani di daerah ini.

"Kita sudah melakukan pertemuan dengan Kedutaan Besar Rumania untuk Indonesia dan membahas penjajakan peluang bisnis dan pangsa pasar ekspor dari produk-produk komoditi Bangka belitung," ujarnya.

Menurut dia, apa yang disampaikan oleh Dubes Rumania sangat bagus untuk menambah wawasan tentang bagaimana mekanisme untuk masuk dalam jalur perdagangan ekspor ke Eropa Timur.

"Kita mau memperkenalkan dan memasarkan komoditi perkebunan lada putih, gaharu dan udang vaname di Eropa Timur," katanya.

Ia menambahkan dalam pertemuan tersebut, Kedubes Rumania juga mengundang Pemprov Babel dan para pengusaha untuk melihat potensi pasar di negara itu dan sekaligus memperkenalkan atau memasarkan produk-produk komoditas dari Babel yang memiliki potensi ekspor ke negara-negara Eropa Timur.

"Pada 20 September tahun ini, Kedubes akan menyelenggarakan kegiatan bisnis forum dan mereka mengundang Babel untuk mengikuti kegiatan tersebut yang diadakan di Rumania," katanya.

Baca juga: Gubernur Babel dorong UMKM ekspor lada putih
Baca juga: Ekspor timah Babel naik 27,51 persen
Baca juga: Pemprov Babel fokus tingkatkan ekspor komoditas perkebunan

 

Pewarta: Aprionis
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar