Washington (ANTARA) - Amerika Serikat berhadap dapat melanjutkan kembali pembicaraan denuklirisasi dengan Korea Utara dalam beberapa hari atau pekan mendatang, kata Menteri Luar Negeri Mike Pompeo, Minggu.

Perundingan yang bertujuan membongkar program rudal dan nuklir Pyongyang terhenti sejak kandasnya KTT kedua antara Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un di Hanoi Februari lalu.

Trump dan Kim kembali bertemu pada Juni di perbatasan antara Korut dan Korsel. Keduanya sepakat merajut kembali pembicaraan tersebut namun hingga kini masih belum terealisasi.

"Kami mengetahui Pimpinan Kim terus membuat komitmen untuk melakukan denuklirisasi. Kami berharap bahwa dalam beberapa hari atau mungkin pekan mendatang kami dapat kembali berunding dengan mereka. Itulah hasil terbaik," kata Pompeo saat tampil dalam program acara "This Week" di stasiun TV ABC.

Korut menembakkan serentetan rudal jarak dekat dalam beberapa pekan terakhir, sebagai protes terhadap pelatihan militer gabungan antara Korsel dan AS, serta adopsi senjata baru, yang mempersulit dihidupkannya kembali pembicaraan antar dua pimpinan tersebut.

Sumber: Reuters

Baca juga: Pompeo: pertemuanTrump-Kim akan digelar di Asia

Baca juga: Mike Pompeo tiba di Korea Utara

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Chaidar Abdullah
Copyright © ANTARA 2019