Anies serukan gaya hidup sehat dalam peringatan Haornas ke-36

Anies serukan gaya hidup sehat dalam peringatan Haornas ke-36

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan sambutannya dalam upacara peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-36 di Silang Monas, Jakarta, Senin (9/9/2019). (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyerukan kepada warganya agar menjalani gaya hidup sehat.

Penyataan Anies disampaikan pada upacara peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-36 Provinsi DKI Jakarta Tahun 2019 di Lapangan Silang Monas Sisi Selatan, Jakarta Pusat, Senin.

Anies menekankan upacara dalam rangka Haornas ini bukan hanya sekedar peringatan semata, tetapi untuk mengingatkan semua elemen masyarakat Jakarta akan pentingnya berolahraga secara rutin guna menjaga kesehatan, termasuk para ASN Pemprov DKI Jakarta dengan tujuan dapat berkarya lebih baik bagi Jakarta.

"Mudah-mudahan dengan adanya peringatan ini, bukan sekedar sebuah upacara, tapi memperingatkan kita untuk bisa berolahraga secara rutin, di keluarga dan di tempat kita bekerja. Jadi saya juga mengajak seluruh masyarakat di Jakarta, dengan setting kota Urban Metropolitan seperti Jakarta, maka kebutuhan untuk berolahraga itu sesungguhnya amat tinggi. Mumpung kita sedang memperingati Hari Olahraga Nasional, mari kita intensifkan olahraga," ujar Anies.

Baca juga: Anies: Jakarta harus ciptakan lingkungan dukung perkembangan seniman
Baca juga: Anies sebut Bahasa Indonesia sebagai pemersatu bangsa


Anies menyebutkan salah satu cara meningkatkan dan mengintensifkan kegiatan olahraga, yakni dengan secara khusus mengambil waktu untuk berolahraga secara rutin dan menjadikannya sebagai kegiatan keseharian.

Dalam hal ini, dia menuturkan, kegiatan olahraga secara rutin dapat diterapkan di tempat bekerja, seperti menggunakan sepeda, transportasi umum, atau berjalan kaki. Sebab, olahraga itu mudah karena dapat dilakukan di mana dan kapan saja, tidak terpaku bahwa olahraga hanya dapat dilakukan di fasilitas olahraga yang tersedia.

"Hampir semua kegiatan mengandalkan teknologi dari rumah, misalnya mau pergi langsung naik motor atau naik mobil pribadi. Ketika kita berbicara olahraga di level nasional, adakah kegiatan olahraga level keluarga dan di level tempat kerja? Bila belum, tingkatkan. Bila sudah maka buat lebih intensif," katanya.

"Dari rumah ke kantor menggunakan kendaraan umum, maka beberapa ratus meter/kilometer pertama bisa jalan kaki. Turun di dekat tempat kerja bisa berjalan kaki. Jalan kaki itu saja sudah merupakan sebuah olahraga. Begitu juga bersepeda, jadi banyak cara untuk tetap berolahraga sambil berkegiatan rutin," tuturnya.

Di samping itu, Anies juga menambahkan, peringatan Haornas ke-36 ini dengan tema Ayo Olahraga, Dimana saja, Kapan saja, menandakan Indonesia bisa lebih berprestasi lagi di kancah internasional dengan menjadikan olahraga kebutuhan hidup dan gaya hidup.

Dengan kesegaran jasmani dan kesehatan yang bagus, maka memudahkan lahirnya bibit-bibit yang berpotensi menuju pentas nasional dan dunia di masa selanjutnya.

"Tadi seperti sambutan dari Pak Menteri Pemuda dan Olahraga (yang dibacakan oleh Anies) bahwa tadi beliau tunjukkan tentang prestasi-prestasi Indonesia di Asian Games dan juga persiapan Indonesia untuk bisa menjadi tuan rumah Olimpiade. Kita perlu dukung itu," kata Anies.
Baca juga: Anies sebut Jakarta sebagai tempat bibit keindonesiaan ditumbuhkan
Baca juga: 13.109 penonton padati konser akbar musik klasik di Monas

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kesehatan penting dalam membangun SDM unggul

Komentar